NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
WhatsApp Akan Meluncurkan Layanan Pembayaran Digital Di Indo...

Berita

WhatsApp Akan Meluncurkan Layanan Pembayaran Digital Di Indonesia

Aplikasi chatting milik Facebook, WhatsApp, dikabarkan sedang dalam pembicaraan awal dengan beberapa perusahaan pembayaran digital serta bank milik pemerintah Indonesia untuk meluncurkan layanan pembayaran digital di Indonesia.

Menurut laporan dari Reuters, WhatsApp saat ini sedang dalam proses negosiasi dengan layanan pemesanan transportasi Go-Jek, layanan penyedia pembayaran seluler DANA, startup fintech OVO dan Bank Mandiri milik negara Indonesia. Menurut laporan tersebut, Bank Mindri juga dikabarkan telah mengoperasikan layanan dompet digital.

Rencana WhatsApp di Indonesia adalah menyediakan layanan pembayaran melalui dompet digital di Indonesia. Transaksi Facebook di Indonesia dapat menjadi template yang kemudian mereka gunakan untuk menghindari peraturan lokal, terkait dengan larangan dompet digital asing.

Seorang juru bicara Facebook mengkonfirmasi terkait WhatsApp yang sedang bernegosiasi dengan mitra keuangan Indonesia, namun belum memberikan detail yang lebih spesifik:

“WhatsApp sedang dalam proses negosiasi dengan mitra keuangan di Indonesia mengenai layanan pembayaran, namun diskusi ini masih dalam tahap awal dan kami tidak memiliki informasi lain pada tahap ini.”

Namun, ada beberapa sumber mengatakan bahwa proses negosiasi Facebook dengan tiga perusahaan pembayaran akan selesai dalam waktu dekat ini. Peluncuran layanan ini, diharapkan pada tahun 2019 ini, WhatsApp diketahui juga ingin meluncurkan layanan yang serupa di India. Menurut Routers, Facebook masih menunggu beberapa persetujuan peraturan dari India sebelum mereka dapat meluncurkan layanan pembayaran berbasis WhatsApp tersebut.

Tidak hanya itu, Facebook berniat untuk mengintegrasikan layanan crypto wallet, Calibra-nya, ke WhatsApp dan semua platformnya. Calibra akan menjadi host stablecoin Libra. Namun, Calibra tidak akan tersedia di India, atau negara mana pun yang melarang cryptocurrency. Seorang juru bicara Calibra mengatakan:

ā€œBlockchain libra akan bersifat global, tetapi tergantung dengan penyedia dompet kustodian untuk menentukan di mana mereka akan beroperasi dan tidaknya. Calibra tidak akan tersedia di negara AS yang melarang penggunaan cryptocurrency dan negara lainnya yang melarang cryptocurrency.”

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami