NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Waspada!! ESET Temukan Trojan Banking Di Amerika Latin Yang ...

Berita, Berita Penipuan Dan Peretasan

Waspada!! ESET Temukan Trojan Banking Di Amerika Latin Yang Targetkan Crypto

Penyedia perangkat lunak antivirus yang berbasis di Slovakia, ESET telah menemukan sebuah trojan banking yang dapat mencuri cryptocurrency, ternyata trojan ini sudah tersebar luas di Amerika Latin dan mungkin sudah merambah ke negara lain diseluruh dunia.

Target

Menurut editorial arm ESET, WeLiveSecurity – trojan ini dikenal sebagai “Casbaneiro” atau “Metamorfo,” keluarga malware yang baru saja ditemukan dan target trojan ini adalah bank dan layanan cryptocurrency yang berlokasi di Brazil serta Meksiko.

Menurut laporan itu, Casbaneiro menggunakan metode pelaksanaan rekayasa sosial, yang menampilkan jendela pop-up palsu yang berguna untuk mengelabuhi calon korban agar terpancing untuk memasukkan informasi sensitif. Kemampuan malware ini adalah tipikal dari trojan banking Amerika Latin yang dapat mengambil screenshot dan mengirimkannya ke server command dan kontrol, mensimulasikan keyboard action dan capture keystrokes serta membatasi akses ke situs web dan mengunduh serta menjalankan alat-alat lain.

Pencuri Crypto Yang Cerdik, Hati-Hatilah

Selain bank, salah satu target utama Casbaneiro adalah dompet cryptocurrency. Menurut ESET, Casbaneiro mampu memonitor isi clipboard dan mengganti alamat dompet crypto yang telah disalin atau di copy oleh para korban dengan alamat milik si penyerang.

ESET sudah menemukan alamat dompet si penyerang. Dompet tersebut memiliki 1,2 Bitcoin (BTC), yang bernilai 138 Juta Rupiah pada saat pers dengan jumlah total transaksi 71, menurut Blockchain.com.

Malware ini juga menggunakan beberapa algoritma kriptografi, menurut laporan itu.

Sebelumnya, Juniper Networks memperingatkan adanya sebuah spyware baru bernama Masad Clipper and Stealer yang memanfaatkan aplikasi Telegram untuk melancarkan aksi pencuriannya.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami