NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Waspada Crypto Market Death Cross! Apakah Bear Market Akan T...

Berita, Berita Altcoin, Berita Bitcoin

Waspada Crypto Market Death Cross! Apakah Bear Market Akan Terjadi Lagi?

Death cross – ketika short-term moving average melintasi di bawah long-term moving average. Kemunculannya di grafik Bitcoin dan aset keuangan lainnya (seperti crypto atau tradisional) dapat menjadi sebuah isyarat tren penurunan yang akan terjadi kedepannya.

Harap-harap cemas, total kapitalisasi pasar cryptocurrency semakin lama-semakin mendekati sinyal death cross. Jika hal ini terjadi, death cross bakal menjadi tanda bahwa pasar Bitcoin/crypto akan kembali mengalami masa paceklik (penurunan harga).

Death Cross Bakal Perpanjang Masa Paceklik Crypto

Nama death cross diberikan ketika short-term moving average – MA 50 hari misalnya – melintas di bawah long-term moving average – MA 200 hari.

Menurut grafik yang dibagikan oleh analis crypto Josh Olszewicz, total kapitalisasi pasar cryptocurrency – Bitcoin dan semua cryptocurrency lainnya – semakin jelas dan semakin mendekat untuk membentuk death cross (moving average 50 hari dan moving average 200 hari). Jika terjadi, kita benar-benar harus siap bahwa kita akan masuk ke musim kemarau sekali lagi.

Sejarah Selalu Terulang Apa yang Terjadi Setelah Death Cross Sebelumnya?

Terakhir kali crypto mengalami death cross adalah pada Mei 2018 dan setelah itu, pasar bearish (penurunan harga) benar-benar menguasai Bitcoin dan seluruh altcoin. Tren penurunan yang kuat setelah death cross terjadi ini menjadi titik penting yang harus kita waspadai.

Sebenarnya, total kapitalisasi pasar crypto sudah pernah membentuk golden cross (kebalikan dari death cross) beberapa bulan yang lalu, namun gagal memberi dampak yang kuat bagi harga crypto akhirnya harga cuma sanggup naik sebentar lalu turun kembali hingga saat ini.

Ada hal menarik nih buat agan-agan, selama pasar bearish 2014-2015 lalu, Bitcoin sendiri telah membentuk golden cross setelah menemukan harga terbawahnya, lalu membentuk death cross sekali lagi, kemudian dalam beberapa minggu ke depannya lagi membentuk golden cross kedua hingga Bitcoin terbang ke level harga tertinggi sepanjang masanya sebesar 20.000 dollar AS. Artinya, memang sejarah mungkin akan terjadi lagi di market crypto kali ini. Intinya bersabar dan menunggu moment golden cross yang kedua untuk meraup keuntungan di market crypto.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami