NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Walau Dilanda Virus Corona China Terus Kebut Penerbitan Mata...

Berita

Walau Dilanda Virus Corona China Terus Kebut Penerbitan Mata Uang Digitalnya

Ditengah wabah virus corona yang masih mendunia, Bank sentral Tiongkok terus mendesak untuk menyelesaikan aspek pengembangan teknologi mata uang digitalnya, tinggal beberapa langkah lagi mata uang digitalnya akan rilis.

Di tengah pandemi Virus Corona, ketika negara-negara di seluruh dunia berusaha untuk secara agresif mengatasi perlambatan ekonomi, Cina malah memanfaatkan krisis ini sebagai kesempatan untuk bergerak selangkah lebih dekat untuk mempercepat peluncuran Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC).

Menurut sebuah laporan dari Global Times 24 Maret 2020, People’s Bank of China (PBC) telah menyelesaikan pengembangan fungsi dasar mata uang digital, dan sekarang membuka jalan ke arah penyusunan dan perumusan undang-undang yang relevan untuk memfasilitasi implementasi mata uang tersebut.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Entertainment DEP Aset (DEAPcoin) Rilis di Top Exchange OKEx

Menurut laporan tersebut, hal ini telah dilakukan oleh berbagai penghubung dengan Alibaba, Tencent, Huawei, dan China Merchants Bank. Platform pembayaran Alibaba Alipay telah mempublikasikan lima paten yang sehubungan dengan mata uang digital China.

Paten tersebut mencakup berbagai aspek mata uang digital termasuk penerbitan, pencatatan transaksi, dompet digital, dukungan perdagangan secara anonim dan bantuan dalam mengawasi dan menangani akun ilegal.

Cao Yan, direktur pelaksana Digital Renaissance Foundation percaya bahwa keterlibatan lembaga-lembaga swasta sangat detrimental bagi pengembangan yang lebih efisien mengingat pengalaman mereka yang kaya dalam teknologi blockchain. Cao menambahkan bahwa cryptocurrency memainkan peran yang mudah dalam menerjemahkan kebijakan suku bunga nol dan negatif bank sentral menjadi bank komersial.

“Jika ada kemungkinan Cina mempertimbangkan untuk menurunkan suku bunganya ke wilayah negatif sebagai opsi terakhir dan mengarahkan kebijakan tersebut ke pinjaman komersial dan lending, mata uang digital yang beredar daripada M0 mampu mencapai itu,” katanya.

Meskipun Cina telah menyelesaikan langkah pengembangan teknologi, langkah selanjutnya, yang merupakan aspek hukum yang melibatkan regulasi dan pengawasan, akan menjadi proses yang rumit dan panjang.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Bitcasino Aktifkan Ekstensi Browser TronLink Untuk Memberikan Keamanan Bagi Pengguna Terkait Deposit dan Penarikan Dana

Gambar milik techinasia

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami