You have not selected any currencies to display
Virus Crypto-Jacking Menginfeksi 850.000 Server, Peretas Ber...

Berita, Berita Penipuan Dan Peretasan

Virus Crypto-Jacking Menginfeksi 850.000 Server, Peretas Berhasil Bawa Kabur Uang Jutaan Euro

Otoritas Perancis menutup botnet army yang bertanggung jawab atas ribuan komputer yang terkena crypto-jacking di 140 negara.

Kemarin, otoritas cybersecurity dari Perancis, yang dijuluki “cyber gendarmes,” mengumumkan penonaktifan botnet force 850.000 server yang sebagian besar beroperasi di Amerika Latin. Menurut laporan BBC, kepala botnet yang berada di Prancis menginokulasi komputer dengan perangkat lunak monero crypto-jacking.

Suatu bentuk malicious komputer yang berbahaya, crypto-jacking melibatkan penginstalasian perangkat lunak crypto secara diam-diam ke sebuah komputer. Komputer seseorang yang terinfeksi akan menguras biaya untuk listrik dan maintenance dan peretasnya akan mendapatkan keuntungan memperoleh crypto.

Virus ini pertama kali ditemukan oleh perusahaan swasta Avast.

Sementara ini jumlah komputer dan server yang terinfeksi sudah diketahui, namun jumlah kerugian dana yang dicuri belum diketahui sampai sekarang. Perkiraan resmi mencapai jutaan euro dan pelakunya belum di temukan.

Pihak Perancis masih melacak server peretas tersebut ke Île-de-France. Server tersebut telah beroperasi sejak 2016 yang lalu, memanfaatkan virus Retadup untuk crypto jack computer serta mencuri data pribadi dari rumah sakit Israel.

Selama enam bulan ke depan, pihak berwenang Perancis akan menutup server sambil memindahkan virus.

“Pada akhirnya, kami berhasil mendeteksi di mana command server-nya, menara kontrol jaringan komputer yang terinfeksi, ‘botnet,'” kata Jean-Dominique Nollet kepada France Inter Radio, kepala Center for Combating Digital Crime (C3N).

Nollet juga mengatakan, untuk melakukan reboot hack hampir semudah melakukan copy dan paste. “Kami tahu mereka dapat membuat ulang server hacker semacam ini kapan saja,” katanya. Hal ini masih menjadi kekhawatiran terbesar Nollet dan pihak cybersecurity Perancis.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami