NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
VanEck, SolidX Cabut Proposal ETF Bitcoin Dari SEC

Berita, Berita Bitcoin

VanEck, SolidX Cabut Proposal ETF Bitcoin Dari SEC

Chicago Board Options Exchange (CBOE) BZX Equity Exchange mencabut proposal bitcoin exchange-traded fund (ETF) VanEck/SolidX pada hari Selasa, 17 September 2019.

Pada 17 September, SEC menerbitkan pemberitahuan bahwa CBOE telah mencabut aplikasi proposal ETF Bitcoin VanEck/SolidX pada 13 September. Sampai saat ini pihak terkait belum memberikan alasan yang jelas mengenai pencabutan proposal ETF dari SEC, yang jelas keputusan untuk menarik proposal tersebut terjadi selang beberapa minggu setelah perusahaan membuka penawaran ETF Bitcoin khusus untuk institusi saja.

SEC diketahui sudah sering menunda keputusan mengenai masalah ini, dan sekarang SEC mempunyai tenggat waktu yang terakhirnya pada tanggal 18 Oktober 2019 untuk menentukan apakah akan menyetujui atau menolak ETF Bitcoin. Meskipun proposal tersebut sudah ditarik, direktur strategi aset digital VanEck Gabor Gurbacs mengatakan:

“Kami berkomitmen untuk mendukung inovasi keuangan yang berfokus pada Bitcoin dan Bitcoin itu sendiri. Membawa ETF ke pasar physical, liquid dan insured tetap menjadi prioritas utama kami. Kami terus bekerja sama dengan para regulator & pelaku pasar untuk bisa mewujudkan hal tersebut setiap harinya.”

ETF Bitcoin Yang Terbatas Untuk Institusi

BitcoinNews|Indonesia sebelumnya melaporkan bahwa CEO perusahaan manajemen investasi VanEck Associates, Jan Van Eck, telah menawarkan produk keuangan dengan eksposure Bitcoin (ETF Bitcoin ini ditujukan hanya untuk para investor institusi saja dengan versi yang masih terbatas).

Produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut adalah broker-traded fund dan saat ini tidak tersedia untuk umum, disediakan untuk investor institusi saja. Van Eck secara lanjut menetapkan bahwa mereka akan melakukan trade over-the-counter dan tidak akan berdagang di bursa efek nasional. Broker-traded fund ini disebut dengan Saham VanEck SolidX Bitcoin Trust 144A.

Tugas Yang Harus Di Selesaikan SEC

SEC masih harus mengkaji dua proposal ETF bitcoin lainnya. Satu, yang diajukan oleh Wilshire Phoenix, yang akan mencakup bitcoin dan obligasi Treasury AS di Trust, dengan tenggat waktu sampai akhir September ini, sedangkan yang lainnya, diajukan oleh Bitwise Asset Management dengan NYSE Arca, tenggat waktu keputusan pada 13 Oktober 2019.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami