You have not selected any currencies to display
Topik Hangat Penelitian, Ternyata Lightning Network Yang Bar...

Berita, Berita Blockchain

Topik Hangat Penelitian, Ternyata Lightning Network Yang Baru Punya Kelemahan Fatal

Lightning Network ternyata punya kelemahan terhadap beberapa serangan yang dapat menguras isi dompet Bitcoin lho.

(29/06) Sebuah studi penelitian mengungkapkan sebuah cara untuk menguras isi dompet Bitcoin (BTC) di Lightning Network dengan mengeksploitasi bottleneck/kemacetan dalam sistem.

Menurut makalah “Flood & Loot: Serangan Sistemik Terhadap Lightning Network”, Jona Harris dan Aviv Zohar dari Universitas Ibrani di Israel mengevaluasi serangan sistemik pada Lightning Network yang berkemungkinan dengan kegiatan pencurian dana BTC yang terkunci dalam payment channel.

Flooding atau membanjiri blockchain dengan serangan simultan

Baca Artikel Lainnya: Tahukah Kamu, Apa Yang Terjadi Jika Investor Institusional Menaruh Dana Hanya 0,5% Dari Portofolio Mereka Di Bitcoin?

Lighting Network digunakan untuk mengirim pembayaran melalui simpul perantara atau intermediary node, sebenarnya intermediary node ini dapat dimanfaatkan untuk mencuri Bitcoin. Namun agar pencurian berhasil biasanya harus dilakukan dengan cepat. Namun, jangka waktu efektif dapat diperpanjang oleh peretas dengan cara membanjiri jaringan agar pencuriannya berhasil.

Peretas hanya perlu menyerang 85 channel secara bersamaan untuk mencuri dana dari jaringan.

Detailnya

Rincian dari Para peneliti, mengatakan:

“Gagasan kunci di balik Hash Time Locked Contracts (HTLC) adalah bahwa setelah mereka ditetapkan, pembayaran ‘ditarik’ oleh node target dari nide sebelumnya di jalur dengan memberikan rahasia (preimage hash). Penyerang kami akan merutekan pembayaran diantara dua nodenya sendiri, dan menarik pembayaran di penghujung jalan. Dia akan menolak untuk bekerja sama ketika pembayaran akhirnya ditarik dari node sumber – memaksa korban untuk melakukannya melalui transaksi blockchain.”

Makalah ini mengklarifikasi bahwa hasil penelitian sudah dibagikan dengan para pengembang dari tiga implementasi Lightning utama sebelum menerbitkan laporan.

Baca Artikel Lainnya: Bloomberg: Ruang Gerak Bitcoin, Jika Bitcoin Mampu Breakout – 13.000 USD Bakal Jadi Resisten

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami