NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Tips Membeli Bitcoin, Tempat Dan Cara Terbaik Untuk Membeli ...

Bitcoin, Wikipedia Crypto

Tips Membeli Bitcoin, Tempat Dan Cara Terbaik Untuk Membeli Bitcoin Bagi Pemula Dan Investor!

Sebelum Anda Membeli Bitcoin, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu!!!

Pertama-tama, sebelum Agan membeli Bitcoin, Agan-agan sekalian perlu tau tempat untuk menyimpan Bitcoin itu sendiri. Di dunia cryptocurrency, tempat itu biasa disebut dengan ‘dompet atau wallet‘ dan dompet itu sendiri ada dalam berbagai bentuk. Berbagai jenis dompet ini nantinya akan memberi para pemilik Bitcoin berbagai jenis opsi keamanan, penyimpanan, serta akses.

Penting untuk disebutkan bahwa dompet Agan ini secara teknis mempunyai private key. Private key ini harus selalu Agan simpan, untuk mengakses dompet/alamat Bitcoin dan untuk mengambil Bitcoin. Kunci digital tersebut diperlukan untuk menandatangani transaksi, dan jika Agan kehilangan private key tersebut, Agan akan kehilangan akses ke dompet Bitcoin dan akan kehilangan semua dana atau Bitcoin yang Agan simpan tadi di dompet tersebut.

Lima jenis dompet BTC yang perlu Agan tau adalah desktop, mobile, online, perangkat keras dan kertas.

Jenis-jenis Dompet Bitcoin

Desktop

Tipe dompet desktop ini nantinya akan dipasang pada komputer pengguna, yang akan memberikan kendali penuh atas dana dan keamanan secara relatif. Ada dompet desktop yang tebal, yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh blok jaringan dan mengontrol keasliannya, serta menyediakan manajemen keamanan independen atas dana mereka. Di sisi lain, ada dompet tipis tidak mengharuskan pengguna mengunduh blok dan dapat dengan mudah diunduh ke perangkat portabel lainnya.

Mobile Atau Phone

Keuntungan terbesar menggunakan dompet mobile adalah dana pengguna selalu ada dan siap digunakan kapanpun dan dimanapun. Dompet jenis ini merupakan dompet yang sangat nyaman untuk membayar barang dengan hanya memindai kode QR. Dalam beberapa kasus, Agan dapat memanfaatkan fitur komunikasi near-field ponsel cerdas Agan, yang memungkinkan Agan hanya cukup dengan mengetuk layar ponsel Agan dan tidak perlu untuk memasukkan informasi pribadi Agan sama sekali. Salah satu fitur umum dari semua dompet ponsel adalah bahwa dompet tersebut bukan klien Bitcoin secara penuh. Berbeda dengan klien Bitcoin secara penuh yang mengharuskan untuk mengunduh seluruh Blockchain setiap kali ada penambahan, yang terus tumbuh dan membutuhkan beberapa gigabyte penyimpanan nantinya.

Dompet Kertas Atau Paper Wallet

Dompet jenis ini mungkin salah satu opsi yang paling aman untuk menyimpan Bitcoin, dompet kertas ini pada dasarnya adalah dua kode QR, dibuat menggunakan layanan yang sudah ditunjuk. Salah satunya adalah kunci publik, alamat yang dapat digunakan untuk menerima BTC. Yang lainnya adalah kunci pribadi atau private key, yang dengan privkey tersebut Agan bisa menghabiskan Bitcoin yang disimpan di alamat itu.

Dompet Online

Jika Agan memilih untuk menggunakan dompet yang berbasis web atau online, maka kunci pribadi Agan nantinya akan disimpan secara online juga, di server yang dikendalikan oleh orang lain dan terhubung ke Internet. Meskipun memungkinkan orang untuk dengan mudah mengakses dana mereka dari perangkat apa pun di mana pun Agan berada, selalu ada risiko server yang berkemungkinan diretas atau bahkan organisasi yang menjalankan layanan tersebut mengendalikan Bitcoin Anda. Namun, risiko itu dapat dikurangi secara signifikan sih dengan menerapkan berbagai tindakan pengamanan lebih lanjut.

Hardware atau Dompet Perangkat Keras

Dompet perangkat keras adalah perangkat portabel khusus yang dapat menampung private key. Ada beberapa jenis dompet perangkat keras yang kini sudah beredar luas seperti Trezor dan Ledger, semua tipe dompet ini memungkinkan Agan dan para pengguna untuk membawa sejumlah uang di saku mereka.

Tempat Dimana Agan Dapat Membeli Bitcoin Secara Aman

Membeli Bitcoin tidak semudah yang diperkirakan banyak orang karena umurnya yang tergolong masih baru atau muda dan beberapa tuntutan peraturan dari undang-undang di suatu negara. Namun, sejumlah opsi kini terus meningkat. Semua orang dapat memilih opsi pembelian mata uang kripto ini sesuai dengan kebutuhan mereka, beberapa di antaranya bahkan tidak memerlukan akses ke internet atau dompet BTC lho… Ok untuk lebih jelasnya mari kita simak dibawah ini…

Bursa Pertukaran

Tempat yang paling mudah dimana Agan bisa membeli bitcoin khususnya di Indonesia adalah lewat Bursa Pertukaran Kripto. Secara mudah kita bisa membeli Bitcoin dan kripto di Bursa Pertukaran yang sudah ada ini di Indonesia misalnya Indodax, Triv dan Luno. Memilih tempat yang tepat itu tergantung pada Agan, tapi ketiga bursa tersebut aman dan cepat pelayanannya intinya sudah terpercaya. Bursa yang saya sebutkan tadi sudah diatur oleh pemerintah serta memenuhi ‘know your customer’ dan persyaratan anti pencucian uang. Jadi, jika Agan berminat untuk membuat akun dan mulai berdagang di bursa tersebut, Agan harus melalui prosedur birokrasi yang panjang seperti harus verifikasi Identitas diri, jika Agan tidak menuruti hal tersebut dan tidak melakukan verifikasi Identitas maka pembelian Bitcoin akan dibatalkan dan Agan tidak bisa membeli Bitcoin di sana.

Perlu Agan tau nih, sebagian besar platform bursa kini dapat diakses melalui perangkat desktop dan perangkat seluler, memungkinkan pengguna untuk berdagang dari mana saja dan kapan saja. Bursa pertukaran kini juga semakin bervariasi dalam opsi pembayaran yang mereka terima, tingkat keamanan, batas pembelian, biaya, persyaratan verifikasi, dan sebagainya lho.

Selain perdagangan, sebagian besar bursa pertukaran juga menawarkan layanan dompet Bitcoin; namun perlu Agan perhatikan hal ini, layanan dompet Bitcoin pada Bursa Pertukaran mungkin cara yang kurang tepat untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan dana digital Anda. Meskipun beroperasi sebagai lembaga keuangan yang sudah teregulasi, Bursa pertukaran BTC tidak menawarkan tingkat perlindungan yang sama seperti bank pada normalnya. Platform Bursa ini sangat rentan terhadap serangan peretas/hacking dan banyak kasus bursa yang teretas akan tutup setelah kejadian itu karena fraud atau rugi. Jadi saya sarankan untuk menyimpan dana Anda di tempat yang benar-benar aman seperti opsi yang sudah saya jabarkan di Awal tadi mengenai dompet Bitcoin.

P2P

Jika Agan tipe orang yang lebih suka untuk merahasiakan transaksi Bitcoin Agan, tidak ingin berurusan dengan komplikasi perbankan dan kebetulan tinggal di kota, bertransaksi secara tatap muka dengan para penjual lokal akan menjadi cara termudah untuk membeli Bitcoin. Di antara banyak situs web dan forum, Forum Bitcoin Indonesia adalah platform paling populer di Indonesia untuk memfasilitasi transaksi semacam itu dan juga menyediakan layanan escrow untuk melindungi kedua belah pihak.

Dulu, ketika Bitcoin baru saja muncul, transaksi seperti itu sering terjadi. Saat ini, seiring BTC menjadi semakin populer, orang menjadi waspada terhadap para scammer. Sebagian besar transaksi ini sekarang terjadi di tempat-tempat umum dan kedua belah pihak harus mengambil semua tindakan pencegahan yang biasanya mereka lakukan ketika membawa dan menukar uang dalam jumlah besar. Selain itu, pembeli perlu akses ke dompet mereka untuk mengonfirmasi transaksi apakah sudah masuk atau belum, sehingga laptop atau ponsel dengan akses Internet aktif adalah hal lain yang perlu dibawa untuk pengecekkan transaksi.

Oh iya hampir lupa, Agan tidak perlu bertemu dengan penjual secara langsung untuk melakukan transaksi kali ini. Mengapa? karena beberapa penjual kini sudah berdagang melalui Internet, tetapi Anda harus sangat berhati-hati disini, karena Anda akan menghadapi risiko besar kehilangan uang Anda (carilah pedagang yang benar-benar terpercaya dan mempunyai track record yang bagus, baiknya tanya-tanya dulu di forum).

Nah menyangkut biaya, ini tergantung pada penjualnya ya, Agan harus membayar biaya dari 1 hingga 10 persen di atas harga bursa pertukaran aslinya ya. Beberapa penjual akan menegosiasikan harga secara keseluruhan sebelumnya sih.

Kartu hadiah Atau Voucher

Menurut pengalaman Ane ni gan.. Ane sering nih jual beli BTC lewat voucher. Voucher itu sendiri dapat ditukar dengan BTC. Yang perlu Agan lakukan adalah membeli voucher dari mitra bisnis bursa (Misal, ni Ane dulu sering beli voucher di salah satu mitra Indodax), caranya masuk ke salah satu bursa pertukaran Bitcoin tempat beberapa penjual menerima voucher (mis. Indodax) Dan selesaikan pembeliannya disana. Nih beberapa list mitra dari Indodax:

  1. AvanPay (AvanPay.net)
  2. AhasChanger (AhasChanger.com)
  3. Ayoungchanger (Ayoungchanger.com)
  4. Universal Exchanger (Universalexchanger.com)
  5. Arbitrcoin (Arbitrcoin.com)
  6. Zaky Cell (Zaky-Cell.com)
  7. Fais Xchanger (fais-xchanger.com)
  8. Indopoin (Indopoin.com)
  9. Btcindochanger (btcindochanger.com)
  10. inChanger (inChanger.com)
  11. Perfect Online Changer (perfectonlinechanger.com)
  12. Maypay (maypay.id)
  13. Kinemon Exchange (kinemonexchange.com)
  14. King Exchanger (kingexchanger.com)

Ada banyak pengecer online yang menjual voucher dan membeli Bitcoin dengan cara ini sebenarnya dapat menghemat banyak uang. Voucher juga merupakan cara yang hebat untuk menyimpan BTC, mengingat nilainya yang terus berfluktuasi. Namun, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, Agan perlu waspada terhadap scammer yang mencoba untuk mencuri uang dari Anda, jadi pastikan untuk bertransaksi dengan penjual yang sudah tepercaya!!!

ATM

Ini salah satu yang Ane tunggu-tunggu juga hingga sekarang.

ATM ini adalah konsep yang tergolong sangat baru, ATM Bitcoin ini baru muncul di kota-kota di Amerika dan Eropa Bahkan ada juga di Bali, Indonesia. Mesin-mesin ATM ini katanya membebankan komisi tiga hingga delapan persen di atas harga bursa pertukaran normal, namun poin lebihnya ATM ini akan memberikan pengguna pengalaman membeli Bitcoin yang paling privasi.

Yang perlu Agan lakukan adalah memasukkan uang tunai ke mesin ATM, dan memindai kode QR dompet ponsel Anda atau menerima kwitansi kertas dengan kode dan instruksi tentang cara mentransfer dana ke dompet Agan. Jadi jika Agan pergi ke Bali dan menemukan ATM Bitcoin jangan lupa mencoba dan shared pengalaman ke Ane ya…

ATM Bitcoin tidak mungkin ada di negara-negara di mana Bitcoin itu dilarang. Agan dapat menemukan ATM Bitcoin terdekat dengan menggunakan layanan peta CoinATMRadar.

Investment Trust

Investment trust adalah bentuk investasi kolektif di mana uang investor dikumpulkan bersama dari penjualan sejumlah saham tetap, yang dikeluarkan oleh perwalian ketika diluncurkan. Dengan Bitcoin yang muncul sebagai pusat perhatian dunia keuangan saat ini, munculnya investment trust yang berfokus pada BTC tinggal masalah waktu saja.

Bitcoin Investment Trust (BIT), kendaraan investasi terkait Bitcoin yang pertama kali diperdagangkan secara publik, memungkinkan orang untuk mendapatkan paparan cryptocurrency tanpa harus secara langsung membeli atau menyimpannya. BIT diinvestasikan secara eksklusif dalam Bitcoin dan mendapatkan nilainya semata-mata dari harga BTC. Trust saat ini telah mencapai nilai pasar $ 1,8 miliar dolar serta naik 1.600 persen dalam dua tahun terakhir.

Bitcoin Investment Trust adalah yang pertama dari jenisnya, dan yang memberikan kontribusi besar-besaran terhadap valuasi yang terus meningkat. Ada spekulasi tentang dana terstruktur serupa lainnya yang akan memasuki pasar tetapi BIT tetap satu-satunya pemain besar dalam permainan ini. Namun seiring pasar cryptocurrency yang terus berkembang, dana serupa tidak diragukan lagi akan memasuki pasar, yang tidak hanya akan menghilangkan banyak tekanan dari BIT, tetapi juga akan memperkuat status Bitcoin sebagai mata uang terkenal di dunia.

Cara Yang Perlu Di Hindari Saat Membeli Bitcoin

Kartu kredit atau PayPal

Tidak mudah untuk membeli Bitcoin dengan kartu kredit atau melalui PayPal, di manapun Agan berada. Sejumlah besar Bursa Pertukaran menghindari metode pembayaran ini, dan mengharuskan pengguna untuk menghubungkan rekening bank mereka sebagai gantinya. Sebagian besar penjual swasta cenderung mewaspadai transaksi semacam ini juga, lebih memilih uang tunai malah.

Hal ini dipengaruhi dengan adanya ‘chargebacks’. Sebagian besar transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit atau PayPal dapat dengan mudah dibalik dengan hanya memanggil perusahaan penerbit kartu. Transaksi Bitcoin tidak dapat dipulihkan semudah itu, dan bisa sangat sulit untuk membuktikan bahwa ada barang yang berpindah tangan dalam transfer Bitcoin, metode pembayaran ini umumnya akan dihindari.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami