NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Tips Berbelanja Menggunakan Bitcoin Secara Aman Dan Nyaman

Bitcoin, Wikipedia Crypto

Tips Berbelanja Menggunakan Bitcoin Secara Aman Dan Nyaman

Kali ini Saya akan share beberapa tips berbelanja menggunakan Bitcoin ke Agan-agan.. Tapi sebelum masuk ke pembahasan saya akan cerita sedikit mengenai Bitcoin dan sejarah penggunaannya terlebih dahulu..

Seiring berkembangnya popularitas cryptocurrency, komunitas Bitcoin (BTC) sebenarnya menaruh kepercayaan pada cryptocurrency untuk menjadi alternatif yang layak untuk sistem pembayaran terpusat yang ada di pasar. Namun, BTC terjerumus dan digunakan sebagai investasi jangka panjang – aset seperti emas atau saham.

Bagaimana dan mengapa hal ini terjadi? menurut pemeriksaan yang cermat, tampaknya settingan Bitcoin sebagai layanan pembayaran sudah hancur sejak awal, karena teknologi blockchain yang mendasarinya tidak dapat berskala untuk bersaing dengan raksasa industri seperti Visa, MasterCard dan PayPal.

Masalah utamanya adalah jumlah transaksi yang dapat diproses jaringan. Kapasitas maksimum absolut Bitcoin hanya 7 transaksi per detik (tps), sementara Visa dengan mudah menangani rata-rata 150 juta transaksi setiap harinya, dan mampu memfasilitasi 24.000 tps.

Karena semakin banyak orang mulai menggunakan Bitcoin dan mengirim transaksi, jaringan menjadi bengkak. Seiring dengan jumlah transaksi, waktu tunggu/konfirmasi transaksi dan yang paling penting yaitu biaya transaksi juga ikut naik pesat.

Menurut data blockchain.info, waktu tunggu konfirmasi rata-rata di musim dingin 2018 memerlukan waktu hingga berjam-jam, dalam beberapa kasus ekstrem – bahkan hingga berhari-hari, kadang-kadang bahkan sampai mingguan. Grafik memuncak pada 23 Januari pada jumlah 11.453 menit – hampir 20 hari lamanya.

Perlu diingat bahwa waktu tunggu yang berlebihan seperti itu kemungkinan besar terkait dengan transaksi mikroskopis yang dikirim dengan menggunakan biaya transaksi yang sangat kecil. Jadi, para penambang biasanya akan menghindari untuk mengkonfirmasikan transaksi seperti itu karena akan membuang-buang waktu dan sumber daya bagi mereka.

Berbeda dengan transaksi yang memasang biaya besar, pengguna yang membayar sejumlah besar biaya mining fee akan mempercepat proses konfirmasi. Menurut BitInfoCharts, pada satu titik selama periode musim dingin pengguna harus membayar rata-rata $ 55 untuk menyelesaikan proses transaksi mereka.

Jelas sekali, tidak akan ada seseorangpun yang akan menggunakan Bitcoin untuk membeli secangkir kopi seharga 5 dolar dan harus membayar 15 kali jumlah itu sebagai biaya mining fee dan menunggu waktu konfirmasi berjam-jam lamanya. Namun, masih ada beberapa toko yang mau menerima Bitcoin untuk memuluskan bisnisnya.

Namun, sampai sekarang Bitcoin tampaknya telah melewati krisis musim dinginnya. Waktu tunggu kembali ke normalnya 10-30 menit dan biaya transaksi turun kembali menjadi sekitar 1 Dollar.

Selain itu, Jaringan Petir atau Lightning Network, yang dianggap sebagai solusi untuk masalah skalabilitas Bitcoin juga sudah aktif dan berhasil diuji saat ini. Setelah sepenuhnya diimplementasikan, itu mungkin membuat impian komunitas tentang Bitcoin yang dapat bersaing dengan Visa akan menjadi sebuah kenyataan.

Tapi kecacatan sudah terlanjur terjadi. Sebagai akibat dari krisis masalah tersebut, beberapa penyedia layanan dan ritel terkemuka berhenti untuk menerima Bitcoin sebagai bentuk pembayaran. Berikut adalah beberapa contoh:

  • Dell – Mereka adalah perusahaan besar yang dulunya mendukung pembayaran BTC, namun menghapus pilihan pembayaran BTC karena permintaan di sektor itu yang rendah.
  • Steam – Mereka dulu juga menerima BTC untuk pembelian game, tetapi berhenti melakukannya karena masalah biaya transaksi yang tinggi dan volatilitas.
  • Fiverr – Freelance marketplace ini juga berhenti menerima BTC karena alasan yang sama yang dilakukan oleh Dell – kurangnya minat pada opsi tersebut.
  • Stripe – Pemroses pembayaran untuk bisnis baru-baru ini mengakhiri dukungannya untuk BTC karena waktu konfirmasi yang lambat dan biaya yang tinggi.

Ok setelah mendengar beberapa ulasan yang agak negatif tentang bitcoin dan penggunaannya, masih ada banyak kok layanan barang dan jasa yang mendukung opsi Bitcoin. Dibawah ini Ane akan mulai membahasnya satu persatu:

Online

Ini ada beberapa daftar pedagang atau merchant online yang tentunya mau menerima BTC Agan untuk berbelanja barang dan jasa disana:

  • Overstock – pengecer/retailer online besar pertama yang menerima dan sepenuhnya mendukung pembayaran Bitcoin. Agan dapat membeli apa saja dari furnitur hingga laptop dan televisi menggunakan Bitcoin disana.
  • Newegg – raksasa ritel elektronik yang juga menerima pembayaran Bitcoin untuk sebagian besar stock dagangannya.
  • Shopify – platform e-commerce yang memungkinkan pengguna untuk membuat toko online sendiri yang mirip dengan Etsy dan eBay juga mendukung pembayaran Bitcoin.
  • Etsy – sekitar 100 vendornya juga menerima pembayaran Bitcoin sekarang.
  • Microsoft – salah satu perusahaan terbesar di dunia menyediakan penggunanya untuk menambahkan uang ke akun mereka dengan menggunakan Bitcoin.

Kebanyakan pengecer online besar masih tidak menerima Bitcoin sebagai bentuk pembayaran, tetapi ada cara lain untuk membeli produk dari mereka dengan menggunakan mata uang digital. List di bawah ini yang akan memfasilitasi kegiatan belanja Agan menggunakan Bitcoin atau mata uang digital.

Daftar agregator

  • Where To Spend Bitcoins UK – direktori toko, pub, situs web, dan tempat lain di Inggris yang menerima Bitcoin.
  • useBitcoins – platform dengan hampir 5.000 bisnis terdaftar yang menerima BTC disana.
  • Coinmap – peta bisnis yang menerima Bitcoin di seluruh dunia.
  • Spendabit – mesin pencari yang mampu menemukan barang tertentu yang tersedia untuk dibeli menggunakan Bitcoin.

Jasa

Penerimaan Bitcoin sebagai opsi pembayaran tergantung pada keputusan perusahaan tertentu. Karenanya, tidak ada pasar khusus di mana BTC diterima secara universal. Sebagai gantinya, ada berbagai perusahaan di berbagai sektor layanan yang ingin memperluas basis klien mereka dengan memperkenalkan mata uang digital sebagai opsi pembayaran baru.

Dibawah ini ada beberapa daftar perusahaan jasa yang menambahkan Bitcoin sebagai opsi pembayaran mereka yang dapat Agan nikmati:

  • Dish Network – penyedia layanan satelit siaran langsung di Amerika.
  • ExpressVPN – jaringan VPN yang aman dan berkecepatan tinggi.
  • PureVPN – jaringan VPN aman dan berkecepatan tinggi.
  • OKCupid – situs kencan online.
  • WordPress – perusahaan online yang memungkinkan pengguna membuat situs web dan blog.
  • Reddit – Anda dapat membeli fitur premium dengan Bitcoin.
  • Namecheap – daftar nama domain.
  • Bloomberg, Chicago Sun-Times, dll – berlangganan surat kabar online dengan Bitcoin.
  • SuicideGirls – komunitas bertema dewasa yang populer sekarang menerima Bitcoin untuk berlangganan.
  • Treehouse – spesialis pendidikan interaktif online, menerima Bitcoin untuk berbagai kursus.

Video game

Ini adalah ruang bagi para pecinta gamer dan juga Bitcoin, banyak layanan dan perusahaan game kini mendukung pembayaran mata uang digital sebagai salah satu metode pembayarannya. Saat ini, sebagian besar gamer berbelanja dengan online. Video game menjadi milik digital, seperti halnya mata uang digital itu sendiri. Jadi wajar saja jika semakin banyak platform penjualan game terkenal menerima Bitcoin sebagai metode pembayarannya.

Travel

Bagi para penggemar travel, ada banyak layanan terkait travel yang terus bersaing dan sebagian besar dari mereka menawarkan toolkit yang sangat mirip. Menawarkan cara pembayaran alternatif adalah cara yang bagus untuk menarik pelanggan baru. Berikut adalah beberapa layanan di mana Agan dapat memesan liburan impian Anda dan membayarnya dengan Bitcoin:

  • Expedia – salah satu agen pemesanan perjalanan online terbesar di dunia saat ini menerima pembayaran BTC untuk pemesanan hotel, dan berencana untuk memperkenalkan opsi pembayaran Bitcoin untuk penerbangan dan lain sebagainya.
  • AirBaltic – maskapai penerbangan pertama yang menerima pembayaran Bitcoin untuk berbagai penerbangan di dunia.
  • Webjet – situs web pemesanan perjalanan yang menawarkan penerbangan, hotel, kapal pesiar, penyewaan mobil, dan sebagainya.
  • CheapAir – situs web pemesanan perjalanan online di mana Anda dapat membayar penerbangan, penyewaan mobil, tiket kereta api dan sebagainya.
  • Bitcoin Travel – situs web pemesanan perjalanan dengan salah satu daftar bisnis terlengkap yang menggunakan Bitcoin.
  • Travel For Coins – situs web pemesanan perjalanan yang memungkinkan pengguna melakukan pengaturan perjalanan dan membayarnya dengan Bitcoin.
  • Virgin Galactic – perusahaan Richard Branson, garis ruang angkasa komersial pertama di dunia yang menerima Bitcoin.

Untuk Kegiatan Amal

Sesuai dengan perkembangan jaman digital, Bitcoin tak luput dari peran besar di salah satu area ini. Selain mudahnya akses secara online di kedua sisi Bitcoin dan kegiatan amal jaman ini, beberapa orang juga lebih suka membuat donasinya dengan tanpa nama atau anonymous. Menyumbangkan uang dalam bentuk Bitcoin adalah cara yang sempurna untuk menghindari biaya-biaya tambahan yang kadang membengkak dan menjaga agar donasi tetap anonim.

  • Wikimedia Foundation – organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk mendorong pertumbuhan, pengembangan, dan distribusi konten pendidikan multibahasa secara gratis.
  • Wikileaks – organisasi nirlaba internasional yang menerbitkan informasi rahasia, kebocoran berita, dan media rahasia yang disediakan oleh sumber anonim.
  • Bitcoin for Charity List – Daftar amal yang diverifikasi dan terus bertambah dalam menerima Bitcoin. Bahkan termasuk alamat dompet mereka!

Offline

Sayangnya, hanya ada sedikit peritel offline besar yang mau menerima pembayaran Bitcoin secara langsung dan itupun terdapat di luar negeri, di Indonesia sendiri belum ada karena masalah legalitas bitcoin itu sendiri.

Tapi Agan tak perlu khawatir, semisal agan pergi ke luar negeri dan ingin merasakan bagaimana berbelanja secara offline menggunakan BTC, Agan bisa cari tokonya dan daftar perusahaan yang sudah dipetakan yang tentunya mau menerima pembayaran Bitcoin pada Bitcoin.Travel dan Coinmap.

Makanan, bar yang menerima Bitcoin

  • Subway – Agan dapat membeli sandwich dengan Bitcoin di berbagai lokasi di seluruh dunia.
  • PizzaForCoins – layanan yang memanjakan Agan dalam memesan pizza menggunakan Bitcoin.
  • Pembury Tavern – sebuah kedai minuman di London, UK.
  • Old Fitzroy – sebuah pub di Sydney, Australia.
  • The Pink Cow – sebuah kedai makan di Tokyo, Jepang.
  • Burger Bear – kedai makanan di London, Inggris.

Taksi

Ada beberapa layanan pengiriman serta layanan transportasi taksi bandara di berbagai belahan dunia yang menerima pembayaran Bitcoin. Ini beberapa daftar perusahaan-perusahaan yang sudah dipetakan dimana layanannya bisa dibayarkan menggunakan bitcoin.

Kartu hadiah

Beberapa situs web yang bisa digunakan untuk membeli berbagai kartu hadiah menggunakan Bitcoin, di antaranya adalah:

eGifterGyftpurse.ioCryfterInstagiftYes to Bitcoins! dan Fold App.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami