NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Tidak seperti Libra, Ini Kelebihan Digital Yuan: PBOC Resmi

Berita

Tidak seperti Libra, Ini Kelebihan Digital Yuan: PBOC Resmi

Kepala anak perusahaan riset mata uang digital milik Bank Rakyat China (PBOC), Changchun Mu, mengatakan bahwa cryptocurrency milik China tersebut tidak memerlukan keranjang mata uang atau Cadangan Mata Uang (Currency Reserves) untuk mempertahankan nilainya yang stabil.

Pada acara China Finance Association Academic Annual Meeting and China Finance Forum Annual Meeting di Beijing pada hari Sabtu kemarin, Mu mengatakan bahwa yuan digital akan berbeda dari bentuk cryptocurrency lainnya, termasuk Libra.

Dilansir Shanghai Securities News, “Mata uang [digital yuan] tidak digunakan untuk spekulasi. RMB digunakan untuk kegiatan transaksi/belanja, bukan untuk spekulasi. Mata uang ini tidak memiliki karakteristik spekulasi seperti bitcoin, juga tidak memerlukan currency basket asset untuk mendukung nilai mata uang seperti mata uang yang stabil,” kata Mu.

Belum jelas apakah PBOC memiliki mekanisme alternatif terkait pematokan nilai yuan digital ke renminbi tradisional.

Lembaga Penelitian Mata Uang Digital PBOC dilaporkan telah mengembangkan yuan digital, yang secara resmi dikenal sebagai Pembayaran Elektronik Mata Uang Digital (DCEP), selama lima tahun terakhir. Seorang mantan pejabat PBOC mengatakan bulan lalu bank membayangkan dua kasus penggunaan utama untuk yuan digital: pertama untuk memfasilitasi pembayaran ritel dan yang kedua untuk menciptakan media baru bagi pembayaran lintas batas atau cross-border payment.

Berbicara terkait roadmap pengembangan digital yuan ini, Mu mengatakan bahwa insinyur PBOC hampir rampung. “Saat ini, mata uang digital DCEP dari People’s Bank of China pada dasarnya telah menyelesaikan desain tingkat atas, formulasi standar, penelitian dan pengembangan fungsional, debugging serta pengujiannya,” Jelas Mu.

Bank akan segera merilis yuan digital kepada warga Tiongkok melalui mitra komersialnya, yang meliputi Tencent dan Ant Financial yang didukung Alibaba, tambah Mu.

Meskipun menuai banyak kritikan bahwa China dapat menggunakan yuan digital untuk meningkatkan pengawasan terhadap warga negaranya, Mu mengatakan bahwa bank akan menjamin tingkat privasi transaksi, hanya sebatas untuk mengawasi kegiatan illegal saja agar tidak terjadi.

PBOC menyatakan kembali di bulan November bahwa yuan digital masih dalam tahap pengujian.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami