NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Terjadi Serangan 51% Akibatnya Perdagangan Ethereum Classic ...

Berita Bitcoin

Terjadi Serangan 51% Akibatnya Perdagangan Ethereum Classic Terhenti

Ethereum Classic, fork blockchain Ethereum, telah mengalami serangan 51% yang menghasilkan hampir dua juta dolar pengeluaran ganda menurut Coinbase.

Coinbase mendeteksi reorganisasi rantai atau chain selama akhir pekan ini, memaksa Coinbase untuk membekukan semua transaksi Ethereum Classic pada platform perdagangan mereka, produk serta layanan lainnya.

Rumor tersebut mulai beredar selama akhir pekan mengenai kemungkinan reorganisasi rantai blockchain Ethereum Classic, namun akun Twitter resmi ETC membantah adanya kejadian tersebut, mengatakan bahwa jaringan ETC “beroperasi secara normal”.

Namun beberapa jam kemudian, akun tersebut membuat update kembali memberikan pengertian kepada bursa pertukaran dan mining pool “mengenai waktu konfirmasi yang harus dirubah menjadi lebih lama lagi” pada semua layanan penarikan dan deposit ETC, yang mengindikasikan bahwa ada sesuatu yang tengah terjadi.

Pagi harinya, akun Twitter Etherchain.org mengkonfirmasi “adanya serangan 51%” di jaringan Ethereum Classic dengan “beberapa” reorganisasi blok, dan membuat rekomendasi untuk layanan sejenisnya dan bursa ETC untuk meningkatkan waktu konfirmasi.

Coinbase Hampir Mengalami Pengeluaran Ganda Sebanyak Setengah Juta Pada Ethereum Classic

Menyusul peristiwa yang terjadi tersebut, Coinbase merilis update tentang perbedaan yang ditemukan di jaringan Ethereum Classic. Dalam sebuah posting blognya mengatakan mereka menemukan reorganisasi rantai yang mencakup pengeluaran ganda yang mendorong tim keamanan perusahaan untuk menghentikan semua deposit dan penarikan Ethereum Classic.

Setelah terdeteksi, delapan reorganisasi tambahan termasuk pengeluaran ganda yang ditemukan berjumlah total 88.500 ETC, atau sekitar 6.266.300.000 Rupiah dengan harga ETC saat ini sebesar 70.812 Rupiah di Coinbase Pro.

Pada posting blog Coinbase malam ini, Insinyur Keamanan Mark Nesbitt mengatakan bahwa serangan itu masih terus “berkelanjutan”.

Serangan 51% ini biasanya terjadi ketika penambang atau sekelompok penambang mengendalikan sebagian besar kekuatan jaringan, yang memungkinkan mereka untuk dapat memanipulasi transaksi yang bertujuan untuk keuntungan mereka sendiri. Dalam kasus ini, pelakunya memilih blok sebelumnya dan memperpanjang “riwayat blok alternatif” yang biasa disebut dengan reorganisasi rantai.

Gambar

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami