NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Temuan 83 Ton Emas Palsu, Bitcoin Ternyata Lebih Baik Daripa...

Berita

Temuan 83 Ton Emas Palsu, Bitcoin Ternyata Lebih Baik Daripada Emas Karena Tidak Bisa Dipalsukan

Baru-baru ini ditemukan emas palsu sebesar 83 ton, hal ini membawa ke dalam perspektif manfaat dari Bitcoin yang tidak dapat dipalsukan

Bitcoin sering disebut sebagai ‘Emas Digital’ karena memiliki sifat yang mirip dengan emas seperti menjadi aset safe haven dan menjadi komoditas yang langka dan sangat diincar.

Bitcoin mungkin bahkan lebih baik daripada emas, karena tidak dapat dipalsukan. Tidak seperti emas yang rentan dipalsukan, seperti peristiwa minggu lalu di mana 83 ton emas palsu ditemukan, emas ini digunakan untuk memperoleh pinjaman miliaran dolar AS, di China.

Meskipun ada banyak tes yang dilakukan untuk menentukan keaslian dari emas, tes semacam ini saja bisa dibodohi dengan mudahnya. Sebagai contoh, tes yang paling umum adalah menggores sedikit emas, lalu kemudian menjatuhkan bahan kimia ke emas dengan jumlah yang sedikit (hasil goresan tadi), jika bahan kimia berubah menjadi warna tertentu maka positif bahwa emas itu memang asli.

Baca Artikel Lainnya: Topik Hangat Penelitian, Ternyata Lightning Network Yang Baru Punya Kelemahan Fatal

Sayangnya tes semacam ini hanya berfungsi untuk permukaan emas. Berbeda saat berhadapan dengan kilograman emas batangan, ada ruang yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk menyematkan benda logam lainnya di dalam batangan emas (emas palsu). Logam tembaga dan tungsten hitam adalah zat yang paling umum digunakan untuk membuat emas batangan palsu, dan zat-zat ini mampu menghantarkan emas palsu untuk lolos uji. Satu-satunya cara untuk mengidentifikasi emas itu asli atau palsu adalah dengan menggunakan ultrasound yang tujuannya untuk memastikan bahwa seluruh batangan emas adalah emas murni.

83 ton emas palsu di China, Wuhan Kingold Jewelry menciptakan sejumlah besar emas batangan palsu yang sebenarnya merupakan logam tembaga berlapis emas, mereka sudah beroperasi selama 5 tahun lamanya, dan mereka menggunakan emas palsu ini untuk mengambil dana pinjaman sebesar 2,8 miliar USD dari beberapa lembaga keuangan China.

Emas palsu ini telah berhasil membodohi beberapa lembaga keuangan selama bertahun-tahun, hal ini menunjukkan betapa berbahayanya perdagangan emas saat ini, parahnya dengan adanya kejadiaan ini para profesional emas yang sudah terlatih pun dapat dikelabuhi dengan mudahnya.

Kasus ini termasuk kegiatan pemalsuan terbesar dengan ukurannya sekitar 4% dari seluruh cadangan emas China, dan China memiliki salah satu cadangan emas terbesar di dunia. Hal ini telah mengguncang seluruh industri emas global, dan bank serta lembaga lain yang memegang emas berusaha keras untuk melakukan tes khusus untuk mengidentifikasi emas palsu.

Yang jelas Bitcoin tidak akan mendapatkan masalah terkait pemalsuan semacam ini. Mengapa Bitcoin tidak dapat dipalsukan adalah karena semua transaksi Bitcoin dapat diperiksa pada block explorer, dan jika Bitcoin muncul di block explorer, maka sudah pasti bahwa 100% adalah Bitcoin asli.

Block explorer tidak dapat diutak-atik, karena blockchain Bitcoin tidak dapat diubah semau sendiri oleh kita bahkan orang lain dan keamanannya sudah di jamin oleh jaringan terdesentralisasi dari ribuan komputer dan mesin pertambangan di seluruh dunia.

Mudahnya, transaksi pada blockchain Bitcoin tidak dapat diubah atau di otak-atik dan diverifikasi sebagai otentik, oleh karena itu tidak mungkin bisa untuk memalsukan Bitcoin sedikitpun.

Salah satu alasan utama emas fisik begitu populer karena emas merupakan aset yang sangat berharga yang dapat disimpan di rumah seseorang, namun nyatanya Bitcoin juga memiliki karakteristik yang sama persis dengan emas, Bitcoin bahkan lebih baik lagi, mengapa? karena Bitcoin dapat dienkripsi, diamankan, dan disembunyikan yang membuatnya aman anti rampok dan anti maling, tidak seperti emas fisik yang bisa diambil oleh perampok.

Dengan demikian, investor yang mencari aset safe haven harus sangat mempertimbangkan Bitcoin.

Emas dapat dipalsukan, namun tidak ada cara untuk memalsukan Bitcoin.

Baca Artikel Lainnya: Tahukah Kamu, Apa Yang Terjadi Jika Investor Institusional Menaruh Dana Hanya 0,5% Dari Portofolio Mereka Di Bitcoin?

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami