NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Stellar Bagi-Bagi Token Gratis Sebanyak 2 Miliar XLM Di Keyb...

Berita

Stellar Bagi-Bagi Token Gratis Sebanyak 2 Miliar XLM Di Keybase. Spammer Bikin Pusing!

Spammer berbondong-bondong muncul di Keybase segera setelah Stellar mengumumkan airdrop besar-besaran pada aplikasi enkripsi Keybase. Spammer lalu hilang begitu kabar keluar bahwa era uang gratis telah berakhir.

Diskusi terkait peningkatan serius pada spam di obrolan Keybase mulai mencuat. Spammer muncul karena indikasi adanya kemitraan Keybase dengan Stellar Development Foundation yang berencana untuk membagikan secara gratis 2 miliar token XLM kepada pengguna aplikasi selama periode 20 bulan lamanya.

Masalah dari acara airdrop yang dipenuhi sesak oleh spammer ini adalah biaya yang mulai membengkak atau lebih besar daripada manfaat/tujuan utama digelarnya airdrop, seperti yang diakui Keybase yang mengumumkan bahwa program airdrop itu secara tiba-tiba akan berakhir tidak sesuai jadwal/tidak tepat. Airdrop XLM yang ketiga dan yang terakhir ini akan mulai dibagikan pada 13 Desember 2019.

Tidak sesuai dengan jumlah yang sudah diiklankan, giveaway sebesar 2 miliar token XLM sekarang akan jauh lebih sedikit. “Total jumlah giveaway hanya akan berkisar 300 juta token Lumens/XLM (atau sekitar $ 16.000.000 USD),” tulis Keybase.

Airdrop dalam ruang crypto terjadi ketika protokol atau sebuah perusahaan mendistribusikan tokennya ke beberapa pengguna internet secara gratis yang diyakini dengan adanya airdrop akan memajukan merek perusahaan atau protokol. Karena cryptocurrency fungible dan mudah ditukar, ini secara efektif sama dengan membagikan uang.

Keybase juga telah menjalankan beberapa acara airdrop, yang terbaru untuk pengguna dompet Blockchain.

Kata Krohn, pada bulan November airdrop sudah menjadi masalah serius karena banyaknya spammer yang ikut ke dalam program airdrop tersebut. Yang akhirnya, airdrop di Keybase menarik begitu banyak spammer sehingga tidak layak lagi untuk dilanjutkan.

Pada akhirnya airdrop dari Keybase (Spasedrop) secara resmi akan berhenti, dan Desember ini menjadi bulan terakhir airdrop token XLM dibagikan.

Gambar dari Silas K√∂hler (Unsplash)

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami