NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Selamatkan Dana Pensiun Anda: Coba Untuk Berinvestasi ke Ase...

Analisis

Selamatkan Dana Pensiun Anda: Coba Untuk Berinvestasi ke Aset Bitcoin Dan Cryptocurrency

Co-founder Morgan Creek Digital akhir-akhir ini memproyeksikan cryptocurrency sebagai sarana untuk menyeimbangkan risiko yang terkait dengan dana pensiun private. Rekomendasi itu muncul setelah industri pensiun membukukan kinerja terburuk kedua sejak 1950 pada kuartal keempat 2018, memaparkan bahwa kedepannya nanti jutaan pensiunan akan mengalami ketidak stabilan secara finansial.

“Dana Pensiun private benar-benar salah mengalokasikan Aset.”

Pernyataan itu selanjutnya diklarifikasi oleh mitra Yusko di Morgan Creek dan seorang bull bitcoin terkenal, Anthony “Pomp” Pompliano. Dalam buletin yang baru-baru ini diterbitkannya, Pomp menulis bahwa mayoritas dana pensiun private sangat terkonsentrasi pada ekuitas. Dia memberi nama Dana Investasi Pensiun Pemerintah Jepang, dana pensiun terbesar di dunia, karena membawa sekitar 50 persen aset mereka dalam ekuitas global. Akibatnya, dana tersebut telah kehilangan sekitar $ 136 miliar pada Q4 2018, menyebabkan kerugian kuartal sebesar 9,1 persen.

“Salah satu pengalokasi modal paling konservatif di dunia memiliki portofolio yang dibangun sedemikian rupa sehingga mereka mengalami tingkat volatilitas yang tidak biasa dan hampir kehilangan persentase dua digit dari aset mereka dalam 90 hari,” jelas Pomp.

Alokasi Portofolio Anda Sebanyak 1% ke Bitcoin

Pomp menegaskan kembali sikap Yusko tentang mengalokasikan sebagian portofolio dana pensiun untuk bitcoin, ia juga menambahkan bahwa mereka para pensiunan akan mengurangi profil risiko kerugian keseluruhan dana karena korelasinya yang rendah dengan pasar utama.

“Menambahkan korelasi yang rendah dan sifat asimetris dari Bitcoin dan kripto ke portofolio pensiun ini harus benar-benar mengurangi profil risiko kerugian portofolio, daripada meningkatkannya berdasarkan teori portofolio modern,” kata Pomp. ÔÇťAlokasi 1% memiliki potensi untuk membackup kerugian secara material yang dapat dialami melalui penurunan pasar ekuitas.

Komentar itu muncul meskipun terdapat korelasi kuat antara pasar crypto dengan pasar saham AS tahun lalu. Kenaikan suku bunga Federal pada 2018 diduga menarik sejumlah besar modal baik dari pasar saham maupun pasar crypto. Q4 tidak hanya buruk untuk pasar saham tetapi juga sama-sama menekan untuk cryptocurrency.

Sebagian besar investor institusional masih menjaga jarak dari pasar bitcoin yang kini berusia 10 tahun, dengan cap sebesar $ 92 miliar karena rendahnya paparan terhadap peraturan. Ambruknya cryptocurrency di tahun 2018 juga tidak membantu untuk menaikkan kepercayaan masyarakat ke cryptocurrency. Lembaga sekarang menunggu lebih banyak klarifikasi dari regulator. Pada saat yang sama, mereka menunggu infrastruktur yang lebih baik untuk berspekulasi tentang cryptocurrency sebelum mereka membuat langkah pertama mereka ke pasar yang baru lahir ini.

Itu menjelaskan mengapa industri dana pensiun memutuskan untuk menjauh dari pasar crypto, kecuali beberapa contoh kasus. Dua dana pensiun di Virginia, misalnya, akhir-akhir ini berinvestasi dalam dana modal ventura yang berfokus pada startup blockchain tahap awal dan cryptocurrency.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami