NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
SEC Mengatakan Bahwa Pihaknya Tidak Akan Setujui ETF Bitcoin

Berita Bitcoin

SEC Mengatakan Bahwa Pihaknya Tidak Akan Setujui ETF Bitcoin

Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) menolak ETF Bitcoin, kali ini ETF Bitcoin milik Bitwise. Meskipun ada banyak aplikasi untuk meluncurkan ETF Bitcoin, sejauh ini SEC telah banyak melakukan penundaan serta menolak semua pengajuan ETF Bitcoin.

SEC telah mengklarifikasi hal tersebut, alasan utama ETF Bitcoin tidak mereka setujui adalah karena pasar Bitcoin yang tidak matang dan rentan terhadap manipulasi pasar. Ditambah dengan munculnya beberapa masalah seperti gugatan class action yang baru-baru ini memanas mengklaim bahwa Bitfinex dan Tether Limited menyebabkan reli Bitcoin pada akhir 2017 dengan cara mencetak miliaran Tether palsu (stablecoin yang di backing USD).

Untuk memerangi manipulasi pasar, SEC membutuhkan perjanjian sharing pengawasan di berbagai bursa utama. Masalahnya, pada saat ini SEC tidak memiliki perjanjian sharing pengawasan dengan bursa crypto besar karena bursa terbesar umumnya berada di luar negeri dan tidak diharuskan untuk berbagi data dengan pemerintah Amerika Serikat.

Sepertinya tidak ada harapan yang tersisa untuk ETF Bitcoin saat ini. Ada sedikit harapan di pemerintahan selanjutnya yang mungkin memiliki sikap baik terhadap ETF Bitcoin, meskipun harus menunggu beberapa tahun lagi setelah berganti presiden dan kabinet-kabinetnya.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami