NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
SBI Dan GMO Kabarnya Jalin Kerjasama Dengan Operator Penamba...

Berita, Berita Pertambangan/Mining

SBI Dan GMO Kabarnya Jalin Kerjasama Dengan Operator Penambangan Bitcoin Terbesar Dunia

Operator penambangan Bitcoin (BTC) terbesar di dunia dilaporkan telah tanda tangani nota kesepakatan dengan raksasa jasa keuangan Jepang SBI dan penyedia internet GMO.

7 Januari 2020. BNN Bloomberg, kedua perusahaan besar Jepang itu setuju secara prinsip untuk memproses transaksi mata uang crypto di fasilitas penambangan baru yang sekarang sedang dikembangkan di Rockdale, Texas.

Fasilitas ini akan dioperasikan oleh Whinstone Inc., anak perusahaan dari Northern Bitcoin AG yang berbasis di Frankfurt.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Pemerintah Korea Selatan Ingin Permudah Jual-Beli Cryptocurreny

Whinstone – beroperasi sejak tahun 2014 dan memiliki lokasi penambangan sendiri di Belanda, Swedia, dan Amerika Serikat – bergabung dengan Northern Bitcoin pada bulan November 2019 dan siap membangun “pusat data terbesar di Utara Amerika dan fasilitas penambangan Bitcoin terbesar di dunia,” di area seluas lebih dari 40 hektar.

Texas akan jadi pusat pertambangan global

Situs baru Northern Bitcoin AG kabarnya akan rilis operasi dengan kapasitas awal 300 megawatt, dan diperkirakan akan mencapai 1 gigawatt pada akhir tahun 2020.

Kapasitas situs pertambangan Bitcoin ini akan melampaui hampir tiga kali kapasitas situs penambangan crypto terbesar di dunia yang saat ini dioperasikan oleh China Bitmain Technologies Ltd.

Menurut Mike McGlone, ahli strategi komoditas senior di Bloomberg Intelligence, masuknya penambang cryptocurrency besar ke Texas, dipicu oleh banyaknya sumber energi yang murah dan terbarukan, terutama dari angin.

Tenaga angin menyumbang lebih dari 20% dari total pembangkit listrik yang ada di Texas pada 2019 dan diperkirakan akan terus meningkat dan mengungguli batubara untuk pertama kalinya di tahun ini, menurut data BloombergNEF.

Bersama dengan Northern Bitcoin AG, startup pertambangan AS Layer1 – didukung oleh Peter Thiel dan Digital Currency Group – berencana untuk mendirikan sub-stasiun listrik proprietary di dataran Texas Barat untuk menghasilkan energi matahari dan angin untuk operasi penambangan Bitcoin-nya.

Investor masih bullish pada Bitcoin

McGlone mengomentari terkait SBI dan GMO yang ikut terlibat dengan situs pertambangan baru ini, dan mengamati bahwa:

“Bitcoin menarik lebih banyak investor institusional dan dengan gagasan pasokan yang terbatas dan adopsi massal – Bitcoin memenangkan perlombaan ini.”

Baca Artikel Terkait Lainnya: Layanan Pemesanan Menggunakan Crypto Naik 33% Setelah Menjalin Kemitraan Dengan Booking.com

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami