Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$58,894.00
-5.46%
Ethereum (ETH)
$3,986.24
-4.55%
XRP (XRP)
$1.01
-8.50%
EOS (EOS)
$4.21
-12.22%
Bitcoin Gold (BTG)
$61.08
-10.16%
Salah Satu Bursa Kripto Bitrue Di Retas, XRP Dan Cardano Sen...

Berita, Berita Penipuan Dan Peretasan

Salah Satu Bursa Kripto Bitrue Di Retas, XRP Dan Cardano Senilai 70,6 Milyar

Bursa kripto yang berbasis di Singapura, Bitrue telah mengalami peretasan, dan kehilangan dana sebanyak 9,3 juta XRP dan 2,5 juta cardano (ADA) dari hot walletnya. Berita ini terungkap dalam sebuah pernyataan resmi dari bursa yang dipublikasikan lewat twitter pada 26 Juni kemarin.

Dana yang dicuri bernilai lebih dari 63,6 milyar rupiah dalam bentuk XRP (kurs harga per xrp $ 0,488) dan 3,3 milyar rupiah dalam bentuk ADA (kurs harga per ADA $ 0,095), menurut data CoinMarketCap pada waktu itu.

Bursa pertukaran tersebut menyatakan bahwa seorang peretas tunggal yang pertama kali “mengeksploitasi kerentanan dalam proses peninjauan ke 2 tim Kontrol Risiko kami untuk mengakses dana pribadi sekitar 90 pengguna Bitrue,” kemudian menggunakan pengalaman pertama ini untuk mengakses hot wallet bursa dan mencuri cryptocurrency.

Menurut Bitrue, serangan itu terdeteksi dengan cepat dan aktivitas hacker langsung dihalangi oleh bursa. Bitrue dilaporkan sudah memberi tahu bursa penerima dana masuk – khususnya Huobi, Bittrex, dan ChangeNOW – untuk membantu membekukan transaksi dan akun yang relevan terkait kasus ini.

Bursa juga menyatakan bahwa “dana pribadi para pengguna bursa sudah diasuransikan,” dan semua akun yang “terkena dampak pelanggaran ini akan diganti dananya sesegera mungkin oleh bursa.”

Saat ini, Bitrue mengatakan sedang melakukan inspeksi darurat platform dan bertujuan untuk kembali ke fungsionalitas layanan secara langsung sesegera mungkin – dengan dukungan dan perdagangan yang diperkirakan akan diluncurkan kembali lebih cepat.

Bitrue memberi link tautan kepada publik untuk melacak aliran dana pada blok explore XRP, dan juga menyatakan bahwa mereka telah menghubungi pihak berwenang Singapura untuk mencari bantuan dalam mengidentifikasi si pelaku.

Sebelumnya kasus pada minggu ini, dua saudara dari Israel ditangkap karena meretas bursa pertukaran crypto Bitfinex pada tahun 2016 dan serangan phishing terkait crypto lainnya.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami