NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Rumah Pelaku Skema Ponzi Bitcoin Digrebek, Warga Membakar Ru...

Berita, Berita Penipuan Dan Peretasan

Rumah Pelaku Skema Ponzi Bitcoin Digrebek, Warga Membakar Rumah Tersebut

Warga yang marah langsung membakar rumah Sphelele “Sgumza” Mbatha, setelah runtuhnya “skema investasi” yang berjalan seperti Skema Ponzi/skema Piramida/investasi bodong miliknya, menurut Ladysmith Gazette.

Perusahaan milik Mbatha, yang berupa Bitcoin Wallet, menjanjikan investor pengembalian sebesar 100 persen dengan cara menginvestasikan uang rand Afrika Selatan ke dalam cryptocurrency. Sebelum menutup operasi perusahaannya tersebut pada 4 Juli 2019, Mbatha diyakini telah menerima uang lebih dari R 2 juta, sekitar 1,9 milyar rupiah, dalam bentuk setoran tunai per hari.

9 Juli 2019, Mbatha muncul di Nqubeko FM di Ladysmith untuk menjelaskan bahwa beberapa akun investor telah mengalami masalah yang diakibatkan oleh phishing scam. Dalam sebuah siaran radio sebelumnya, dia mengatakan bahwa Bitcoin Wallet sudah merugi dan bangkrut “no cash to pay out.

Malam itu juga, desas-desus mulai beredar melalui media sosial bahwa Mbatha telah ditangkap, dan 200 orang sudah berkumpul di depan kantor polisi Ladysmith, menuntut untuk bertemu dengan manajer Bitcoin Wallet. Ketegangan semakin meninggi, karena para investor tidak bisa menghubungi Mbatha sejak perusahaannya tutup. Salah satu investor menyarankan agar rombongan massa tidak bereaksi berlebihan:

Keesokan harinya, belum ada laporan yang mengindikasikan bahwa Mbatha sudah ditangkap, karena polisi juga “bisa segera bertindak jika para investor membuka kasus terhadap manajer Dompet Bitcoin itu.”


Sphelele ‘Sgumza’ Mbatha

Rabu sore, massa yang lain mulai terbentuk dan berkumpul di sekitar rumah Mbatha, mungkin untuk berbicara dengan seorang manajer disana. Setelah terjadi pembakaran rumah, TimesLIVE berbicara dengan orang tak dikenal di tempat kejadian itu yang mengatakan bahwa para investor yang marah mulai main hakim sendiri.

Tidak diketahui berapa banyak warga Ladysmith yang berinvestasi dalam skema ini.

Polisi sudah mulai mengunggah surat pernyataan pengaduan “bagi mereka yang kehilangan uang dalam skema tersebut.” Formulir yang sudah diisi kemudian harus diserahkan di kantor polisi Ladysmith, bersama dengan tanda terima Bitcoin Dompet, dan salinan ID Investor,” tulis mereka.

Sampai sekarang Mbatha nampaknya masih kabur dan belum ditangkap oleh pihak yang berwajib.

Gambar dari ThinkStock/DarthArt

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami