NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Regulasi Hukum Di Indonesia Masih Perlu Diperkuat Kembali

Berita, Berita Altcoin, Berita Bitcoin, Peraturan Dan Regulasi

Regulasi Hukum Di Indonesia Masih Perlu Diperkuat Kembali

Regulasi Hukum perlu diperkuat kembali untuk menghindari bentrok mengenai legalitas cryptocurrency di Indonesia.

Kurangnya regulasi terkait cryptocurrency dan Bitcoin sering membuat para pengguna crypto bingung akan keberadaan crypto di Indonesia, terlebih lagi baru-baru ini muncul kasus penutupan rekening pengguna bank BCA karena ditemukannya transaksi dana masuk dari bursa INDODAX.

Bank BCA (Bank Central Asia Cabang Purwodadi, Jawa Tengah) mengancam para pelanggannya yang berurusan dengan Bitcoin dan cryptocurrency dengan melakukan penutupan akun bank mereka. Langkah ini adalah salvo terbaru dari industri perbankan di mana cryptocurrency tampaknya masih dilarang.

(Inisial B karena pihak sumber tidak ingin mengungkapkan Identitas pribadinya), Salah satu pelanggan bank BCA cabang Purwodadi dan juga pengguna cryptocurrency dari Purwodadi mengalami hal yang sangat mengejutkan dimana akun bank BCA nya ditutup oleh pihak bank.

Hal ini bermula sejak tanggal 6 Desember 2018 lalu, dimana saudara B mendapatkan surat panggilan dari pihak bank BCA untuk melakukan Pengkinian Data di bank tersebut.

Gambar surat panggilan dari pihak bank BCA cabang Purwodadi

Saat melakukan pengkinian data pelanggan pihak bank memutuskan untuk melakukan penutupan rekening saudara B. Bank melakukan penutupan rekening tersebut bukan tanpa alasan, bank BCA cabang Purwodadi tersebut menutup akun rekening pelanggannya dikarenakan adanya transaksi dana masuk ke rekening dari INDODAX (salah satu bursa pertukaran cryptocurrency terbesar di Indonesia).

CS BCA yang sedang menangani kasus pelanggannya tersebut mengklaim bahwa transaksi Bitcoin dan cryptocurrency yang dilakukan saudara B adalah transaksi yang dilarang atau ilegal.

Pemerintah sudah mengeluarkan sebuah putusan mengenai legalitas cryptocurrency dan Bitcoin melalui  Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Disini CS BCA mempunyai sedikit kesalahpahaman mengenai Bitcoin dan cryptocurrency yang masuk ke rekening saudara B.

CS menganggap saudara B melakukan transaksi ilegal (pembayaran menggunakan BTC atau cryptocurrency) seperti yang dijabarkan pada UU diatas. Maka dari itu melakukan penutupan akun rekening.

Langkah yang diambil bank BCA ini secara sepihak memang membuat kabut mengenai Bitcoin dan cryptocurrency di Indonesia. Bitcoin dan cryptocurrency termasuk dalam komoditas barang yang tidak berwujud dan dapat diperdagangkan dengan landasan Undang-Undang sebagai payung hukum untuk diperdagangkan melalui sistem elektronik (UU No.10 Tahun 2011 tentang Perubahan atas UU no. 32 tahun 1997 tentang Perdagangan berjangka Komoditi) dan Bitcoin bukan alat pembayaran.

Masih perlu regulasi hukum mengenai crypto dan produk cryptocurrency lainnya yang nantinya dapat menguatkan legalitas cryptocurrency di Indonesia pada tahun 2019 ini untuk mengatasi kebingungan yang kini mulai muncul kembali.

Gambar diambil dari kaltim.prokal.co

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami