You have not selected any currencies to display
Penjelasan: Alat Yang Berguna Untuk Mendiagnosis Sentimen Pa...

Analisis Pasar, Market, Penjelasan

Penjelasan: Alat Yang Berguna Untuk Mendiagnosis Sentimen Pasar Crypto

Miner Rolling Inventory dapat menjadi alat yang berguna untuk mengidentifikasi sentimen pasar crypto berdasarkan pada bagaimana para penambang mempertahankan inventaris atau simpanan BTC mereka

Pedagang Crypto tentu sangat membutuhkan sebanyak mungkin alat atau tools guna untuk mendapatkan keuntungan saat berdagang, dan Miner Rolling Inventory (MRI) adalah alat yang sangat berguna namun masih banyak trader yang tidak kenal, MRI ini dapat digunakan untuk menentukan sentimen pasar crypto.

MRI didapat dari jumlah Bitcoin yang dihabiskan penambang dari inventaris mereka dibagi dengan jumlah Bitcoin yang dihasilkan dari penambangan selama periode yang sama, dan kemudian rasio ini dikalikan dengan 100 untuk menghasilkan persentase. MRI di atas 100% menunjukkan bahwa penambang menjual lebih banyak simpanannya daripada hasil menambangnya. Misal, Inventarisnya menurun, sedangkan MRI di bawah 100% menunjukkan bahwa penambang melakukan HODLING dan menjual lebih sedikit simpanannya dibandingkan dengan hasil tambangannya yang lebih besar.

Baca Artikel Lainnya: Cryptocurrency Berstatus Ilegal Jika RUU Anti-Enkripsi Yang Baru Sah!

Misalnya, dalam lima minggu terakhir, penambang telah menghabiskan rata-rata 6.361 Bitcoin per minggunya dan telah mendapatkan hasil menambang sebanyak 6.713 Bitcoin per minggu. Dari contoh kasus tersebut sang penambang menghasilkan MRI sebesar 94,77%, yang menunjukkan bahwa penambang melakukan penjualan yang lebih sedikit ketimbang perolehan hasil penambangan Bitcoinnya.

Istilahnya besar tiang dari pada pasaknya

MRI di bawah 100% adalah tanda bullish karena penambang melakukan HODLING, dan jika MRI di atas 100% adalah tanda bearish karena penambang melakukan penjualan.

Namun, semua itu malah kebalikannya. Mengapa? Ok simak penjelasan berikut ini agar kalian paham.

ByteTree, yang merupakan perusahaan analitik blockchain yang menghitung data MRI secara real-time, melakukan penelitian di mana mereka menghitung berapa banyak uang yang akan diperoleh seseorang jika mereka memegang atau hold Bitcoin pada saat MRI di atas 100% dan menjual Bitcoin mereka ketika MRI turun di bawah 100%. ByteTree juga menghitung kasus sebaliknya, di mana seseorang memegang Bitcoin ketika MRI di bawah 100% dan menjual Bitcoin mereka ketika MRI naik di atas 100%.

Ditemukan bahwa penambang yang memegang atau melakukan holding Bitcoin ketika MRI di atas 100% akan mendapatkan pengembalian atau keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan membeli ataupun memegang Bitcoin.

Hasil yang paling menakjubkan ketika memegang Bitcoin pada saat MRI di bawah 100% malah akan menyebabkan hilangnya uang dalam jangka waktu yang panjang meskipun harga Bitcoin terus meningkat.

Dengan kata lain, ByteTree telah mengkonfirmasi bahwa MRI benar-benar dapat mendiagnosis ketika Bitcoin bullish atau bearish. Faktanya, percobaan ini menunjukkan bahwa MRI adalah indikator yang sangat kuat sehingga dapat mengalahkan pasar dalam jangka panjang, hanya dengan menjual Bitcoin ketika MRI turun di bawah 100% dan HODLING ketika MRI di atas 100%.

Indikator MRI ini bekerja dengan cara yang cukup sederhana. Pada dasarnya, penambang akan mengurangi jumlah persediaan atau simpanan yang mereka jual selama masa ketika likuiditas pasar sedikit, dan meningkatkan penjualan persediaan mereka ketika ada likuiditas berlimpah.

Pada dasarnya, para penambang juga ingin mengoptimalkan keuntungan mereka, namun juga siaga dalam menjaga pasar Bitcoin, sehingga mereka akan menjual lebih banyak Bitcoin ketika pasar memiliki likuiditas yang cukup berlimpah (mereka mengatur penjualan Bitcoin), sementara itu para penambang juga akan menjual lebih sedikit Bitcoin pada saat likuiditas pasar sedikit (jika penambang melakukan penjualan secara besar besaran maka harga akan rusak).

Dengan kata lain, MRI adalah proksi yang baik untuk likuiditas di pasar Bitcoin, dan likuiditas adalah proksi yang baik untuk seberapa sehat pasar itu.

Oleh karena itu, MRI di atas 100% adalah bullish, karena ini menunjukkan bahwa pasar Bitcoin memiliki likuiditas dan permintaan yang melimpah, sementara MRI di bawah 100% adalah bearish karena ini menunjukkan pasar Bitcoin yang kekurangan likuiditas dan permintaan.

Sebagai penutup, data MRI secara real-time dapat ditemukan dan Anda pantau di tautan ini.


Baca Artikel Lainnya: Temuan 83 Ton Emas Palsu, Bitcoin Ternyata Lebih Baik Daripada Emas Karena Tidak Bisa Dipalsukan

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami