NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Penipuan Kode QR Bitcoin Ditemukan Telah Membanjiri Halaman ...

Berita, Berita Bitcoin, Berita Penipuan Dan Peretasan

Penipuan Kode QR Bitcoin Ditemukan Telah Membanjiri Halaman Pencarian Google

Industri crypto dari dulu memang terkenal dengan banyaknya kasus penipuan yang muncul menyertainya. Bitcoin telah lama berjuang untuk memerangi hal ini dan terus mencoba untuk memusnahkan sementara itu outlet media besar justru menyuarakan FUD dan tidak membantu sama sekali. Media sosial dan mesin pencarian memang patut untuk disalahkan tetapi itu tidak bisa langsung menghentikan citra buruk ini pada Bitcoin.

Para peneliti telah menemukan bahwa sebagian besar tautan yang ada di halaman pencarian Google terkait generator kode QR Bitcoin adalah untuk situs web palsu atau scammy. Forbes melaporkan bahwa penipuan crypto semacam ini yang telah menghambat adopsi bitcoin.

Yang harus kita atasi saat ini adalah Google scam karena mengizinkan tautan palsu ini masuk ke dalam mesin pencari di halaman pertamanya. Studi ini melaporkan bahwa 4 dari 5 hasil pencarian pertama yang dipresentasikan ketika menanyakan sesuatu hal terkait Bitcoin ke Google akan mengarah ke situs web scammer.

Menurut para peneliti dari penyedia dompet crypto ZenGo, kode QR yang dihasilkan dari salah satu situs web palsu ini akan mengirim Bitcoin ke alamat scammer. Kode QR yang digunakan untuk mengambil data dengan kamera ponsel, dalam hal ini dapat dengan cepat berbagi dengan alamat Bitcoin.

‚ÄúSitus-situs ini menghasilkan kode QR yang menyandikan alamat yang dikendalikan oleh para scammer, bukan yang diminta oleh pengguna, sehingga mengarahkan semua pembayaran ke kode QR ini ke scammer.”

Diperkirakan dana sekitar $ 20.000 dollar telah raib karena kasus kode QR ini namun angka ini bisa jauh lebih besar lagi jika terus dibiarkan.

Sama seperti malware copy/paste yang menginfeksi komputer beberapa tahun yang lalu untuk mengubah alamat Bitcoin, penipuan ini hanyalah versi yang lebih cepat dari malware tersebut. Akan ada korban lain dengan persepsi publik negatif tentang bitcoin dan cryptocurrency’ dan akan menjadi murni FUD.

Intinya adalah harus berhati-hati di sini, hasil pencarian Google tidak lagi dapat dipercaya. Kedua raksasa teknologi AS telah menjadi penyebar penipuan dan situs palsu terbesar, yang sebagian besar telah memberikan nama buruk kepada industri kripto.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami