NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Penambang Bitcoin Cash Usulkan Soft Fork

Berita Altcoin

Penambang Bitcoin Cash Usulkan Soft Fork

Sekelompok penambang bitcoin cash sedang menyiapkan sebuah soft fork.

Postingan di Medium Rabu kemarin, Jiang Zhuoer, CEO dari mining pool BTC.TOP, mengatakan bahwa sekelompok penambang bitcoin cash terbesar didunia sedang mempersiapkan sebuah soft fork jaringan untuk mengimplementasikan “rencana donasi jangka pendek” yang akan memotong hadiah/pendapatan (block reward) sebesar 12,5 persen untuk mendanai pengembangan jaringan.

Ditandatangani oleh Jihan Wu dari Antpool/BTC.com, Roger Ver dari Bitcoin.com dan Haipo dari ViaBTC, Zhuoer berpendapat ada “masalah besar” dengan mekanisme pendanaan saat ini. Sistem sumbangan/donasi ini dilakukan atas dasar sukarela.

Banyak anggota komunitas saat ini tidak berkontribusi apa-apa sama sekali, tulis Zhuoer. Hal ini menciptakan situasi “tragedy of the commons” di mana kepentingan pribadi individu bertentangan dengan kebaikan bersama jaringan. Ini mungkin kontroversial, tetapi menggunakan block reward (pendapatan) “tidak diragukan lagi adalah solusi yang jauh lebih baik” daripada sistem pendanaan saat ini, tulis postingan itu.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Bank Sentral Hong Kong Dan Bank Sentral Thailand Buat Solusi DLT Bersama Untuk Pembayaran Lintas Batas

Banyak penambang yang termasuk dalam postingan sebelumnya mendorong untuk memperkenalkan “pajak pembangunan” selama konferensi BG CoinGeek pada tahun 2018 silam. Sebuah laporan oleh perusahaan investasi crypto Electric Capital menemukan bitcoin cash kehilangan lebih dari 30 persen pengembangnya dari Desember 2018 hingga Juni 2019, penurunan terbesar dari jaringan blockchain utama.

Karena bitcoin cash menggunakan algoritma hash SHA-256 yang sama dengan bitcoin, sebagian besar biaya hadiah blok akan ditanggung oleh penambang bitcoin dominan, yang merupakan sekitar 97 persen dari ekosistem hash.

Dengan asumsi bitcoin cash tetap berharga kisaran $ 300, Zhuoer menghitung dengan mekanisme baru itu dapat mengumpulkan lebih dari $ 6 juta dalam enam bulan.

“Ini proposal yang cerdas, dengan niat baik,” tweeted Emin Gun Sirer, ini adalah langkah trade-off yang baik karena “secara empiris serangan berbahaya biasanya disebabkan oleh developer yang kekurangan dana daripada hashrate berbahaya.”

Tampaknya usulan ini masih kontroversial. Postingan Zhuoer mengatakan bahwa blok BCH yang tidak mengikuti soft fork “akan menjadi orphan,” yang berarti mereka tidak akan diterima oleh lima kelompok penambangan dan berisiko tidak menerima hadiah blok.

Zhuoer akan memastikan transparansi dan penggunaan semua dana secara efektif. Sampai saat ini mereka sedang menyiapkan rencana secara serius.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Cara Ethereum Selamatkan Satwa Yang Terancam Punah

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami