NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Pelabuhan Negara Oman Rangkul Platform Pengiriman Berbasis B...

Berita Blockchain

Pelabuhan Negara Oman Rangkul Platform Pengiriman Berbasis Blockchain, TradeLens

Pelabuhan terbesar di negara Timur Tengah milik negara Oman bergabung dan bekerja sama dengan TradeLens – sebuah platform rantai pasokan (supply chain) blockchain yang didirikan oleh IBM dan Maersk.

Pelabuhan Salalah jadi anggota proyek data pengiriman (shipping data) sebagai bagian dari upaya transformasi digitalnya, Times of Oman, Rabu kemarin.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Rayakan Ulang Tahun Yang ke-6, Bitcasino Bagi-Bagi Crypto Gratis

Platform ini nantinya dapat memfasilitasi perusahaan di setiap rantai pasokan atau supply chain pengiriman untuk saling berbagi data kargo secara real time melalui blockchain, pada akhirnya bertujuan untuk membawa transparansi dan efisiensi yang lebih baik ke perdagangan internasional. Menurut Times of Oman, pelabuhan bekerja dengan entitas lain untuk mendigitalkan operasinya dan memandang TradeLens sebagai cara untuk membawa standar transparansi global ke operasi pengiriman/shipping.

“Mengadopsi dan menggabungkan teknologi blockchain ke dalam semua aspek rantai pasokan tidak hanya akan meningkatkan daya tarik di pelabuhan Salalah untuk perusahaan [ekosistem] tetapi juga mendukung pengembangan model bisnis baru yang bisa meningkatkan lokasi geografis Salalah,” tutur Mark Hardiman, CEO Pelabuhan Salalah.

Platform TradeLens sekarang memiliki lebih dari 100 peserta – termasuk lima dari enam perusahaan pengiriman peti kemas terbesar serta operator dan regulator pelabuhan – dan sedang memproses lebih dari “10 juta discrete shipping event dan ribuan dokumen setiap minggunya,” menurut pernyataan sebelumnya dari Maersk.

Agustus lalu, agen pabean Thailand dilaporkan berintegrasi dengan TradeLens untuk merampingkan prosedur pelacakan pengirimannya.

Proyek ini juga menerima pembebasan antitrust dari Komisi Maritim Federal AS. Untuk menghapus proyek dari pembatasan hukum dalam kerja sama antara perusahaan shipping yang diamanatkan oleh Undang-Undang Pengiriman A.S. 1984.

Pelabuhan Salalah baru-baru ini memecahkan rekornya sendiri, menangani volume tahunan yang setara dengan empat juta kontainer pengiriman, menurut Times of Oman.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Bitcoin Bangkit, Inilah Tanda-Tanda Hallmark Reversal Bitcoin

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami