NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Panduan Lengkap Dompet Ethereum: Cara Membuat Dompet Ethereu...

Ethereum, Wikipedia Crypto

Panduan Lengkap Dompet Ethereum: Cara Membuat Dompet Ethereum Di MyEtherWallet

Sebelum Anda melakukan trade atau jual beli dan menambang Ether (ETH), tentu yang perlu Anda miliki terlebih dahulu adalah tempat untuk menyimpan ETH. Di dunia cryptocurrency, tempat itu disebut dompet. Pada dasarnya, dompet merupakan perangkat lunak yang berguna untuk menyimpan dana cryptocurrency, bisa digunakan untuk transaksi secara mudah, dan yang paling utama dapat menampilkan jumlah saldo.

Perlu di ingat nih sobat, dompet Ethereum ini tidak seperti dompet fisik konvensional yang biasa kita bawa disaku setiap harinya. Karena Ether dan cryptocurrency ini berbentuk digital maka tidak memiliki bentuk fisik. Semuanya hanya catatan di Blockchain dari transaksi hingga koin ethereum itu sendiri, jadi dompet Ethereum ini hanya dapat berinteraksi dengan Blockchain saja.

Dompet ini akan memiliki alamat publik, yang secara acak terbentuk dari huruf besar atau kecil dan angka. Jika seseorang ingin mengirimkan Ether ke alamat dompet Anda, mereka akan mengirimkannya ke alamat publik tersebut, yang juga disebut sebagai ‘public key’.

Selain ‘public key’ ada alamat yang harus Anda simpan, yaitu ‘private key’. Private key ini seperti kata sandi yang akan Anda gunakan untuk mengakses dompet Anda tersebut, jangan sampai private key tersebar dan diketahui oleh orang lain tentunya agar Ethereum Anda tidak hilang dicuri.

Oke tanpa bertele-tele Kami akan memberikan Panduan Lengkap Dompet Ethereum: cara membuat dompet Ethereum di MyEtherWallet!

Cara Membuat Dompet Ethereum

Bisa dikatakan, membuat dompet ethereum sangatlah mudah, mengapa? karena platform Ethereum itu sendiri telah menyediakan layanan dompet resminya yang di sebut dengan MyEtherWallet. Langsung saja, berikut cara membuatnya.

Setelah membuka situs website myetherwallet, Anda akan melihat opsi buat dompet baru dan akses dompet saya. Pilih buat dompet baru, setelah itu akan muncul 3 pilihan yaitu MEWconnect, By Keystore File dan By Mnemonic Phrase, lalu buat kata sandi yang cukup kuat, jangan lupa untuk selalu membaca dengan cermat agar tidak terjadi kesalahan dan kesalah pahaman yang nantinya akan membahayakan dana Anda.

Langkah selanjutnya dan yang paling penting: simpanlah kunci pribadi/private key Anda. Kalau perlu lakukan back up di beberapa tempat, hafalkan, atau tulislah kembali di selembar kertas dan masukkan ke dalam brankas. Lakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk memastikan Anda tidak akan kehilangan itu.

Kunci pribadi yang Anda simpan tadi berguna untuk membuka kunci dompet Anda atau anda juga bisa menggunakan file keystore yang sudah Anda download sebelumnya saat membuat dompet ETH. Sebenarnya masih ada beberapa opsi lain untuk membuka kunci atau mengakses dompet Anda tersebut. Tapi saya rasa ini yang paling mudah dan enak.

Dan sekarang dompet ETH Anda sudah siap. Jika Anda ingin mengakses dompet ETH Anda, yang perlu Anda lakukan hanya dengan kunjungi situs website tersebut lalu pilih akses dompet saya. Setelah masuk/login ke dompet, Anda bisa melihat alamat publik dompet Anda, serta saldo Anda.

Panduan di atas berfokus pada pengaturan dompet Ethereum yang paling mudah dan mungkin paling banyak digunakan. Ada banyak lagi jenis dompet yang tersedia, semuanya dengan proses pengaturan yang sedikit berbeda.

Selamat mencoba dan gunakan dompet ETH Anda secara bijak agar dana yang Anda miliki aman dari para scammer.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami