NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Pandangan Para Investor Bitcoin: Data Menunjukkan Hampir 80%...

Berita Bitcoin

Pandangan Para Investor Bitcoin: Data Menunjukkan Hampir 80% Long BTC, Apa Artinya?

Menurut data dari DailyFX, hampir empat dari lima investor Bitcoin (BTC) tetap melakukan long atau hold pada Bitcoin. Analisis ini sangat bertentangan dengan kinerja harga Bitcoin selama dua belas bulan terakhir.

Rasio para investor yang tetap long pada Bitcoin dibandingkan dengan mereka yang melakukan short aset saat ini berada pada titik tertinggi sejak November 2018. Namun, hal ini tidak berarti kita telah memasuki persiapan bullish ya, masih perlu beberapa faktor penting lainnya.

Para Pemegang Bitcoin Mesti Perlu Bersabar

Analis Fan Xu, dari publikasi berita perdagangan Forex, mengomentari data tersebut:

“Bitcoin: Data pedagang retail menunjukkan 77,5% pedagang adalah net long dengan rasio trader long ke short di 3,44 banding 1… Jumlah trader net long adalah 0,4% lebih rendah dari kemarin dan 6,2% lebih tinggi dari minggu lalu, sementara jumlah pedagang net short sebesar 2,7% lebih rendah dari kemarin dan 6,4% lebih rendah dari minggu lalu.”

Seperti yang disebutkan, pada November 2018 data menunjukkan optimisme yang kuat tentang kinerja harga Bitcoin di masa depan di kalangan masyarakat. Pada saat itu, harga satu Bitcoin diperdagangkan di sekitar 5.500 dolar. Walaupun akhirnya terus mengalami penurunan hingga saat ini harga per bitcoin menjadi 3.855 dolar.

MarketWatch selanjutnya berspekulasi bahwa ada lonjakan yang terjadi di altcoin baru-baru ini. Ethereum, Litecoin, dan Bitcoin Cash telah mengalami peningkatan lebih dari 50% sejak pertengahan Desember 2018. Ether, aset digital blockchain Ethereum, telah memberikan akhir 2018 secara luar biasa, mengalami kenaikan sebanyak 85% hanya dalam 18 hari.

Pandangan ini bertentangan dengan pandangan analis YouTube Vays yang kontroversial namun sering terbukti benar. Mantan trader Wall Street telah berulang kali mengulangi bahwa ia belum melihat pasar BTC menjadi bullish secara sah sampai berhenti bergerak bersama-sama dengan altcoin. Sampai Bitcoin mulai keluar dari sinkronisasi dengan sisa ruang altcoin, dia masih percaya bahwa harga BTC nantinya akan jauh lebih rendah lagi kedepannya. Namun, ia tetap bullish pada BTC secara jangka panjang:

Tim DailyFX tidak berpikir bahwa optimisme komunitas untuk aset digital ini berfungsi sebagai indikator kenaikan harga yang akan datang. Faktanya, Xu menyatakan bahwa itu lebih cenderung memiliki efek sebaliknya:

“Kami biasanya mengambil pandangan yang berlawanan terhadap sentimen crowd, dan fakta bahwa para pedagang adalah net-long menunjukkan bahwa harga bitcoin akan terus turun.”

Gambar Investor

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami