NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Opini Genesis Mining: Jika Krisis Ekonomi Semakin Buruk, Bit...

Berita Bitcoin

Opini Genesis Mining: Jika Krisis Ekonomi Semakin Buruk, Bitcoin Akan Menjadi Emas Baru

Philip Salter, seorang kepala operasi Genesis Mining, percaya bahwa krisis ekonomi dapat membawa peningkatan nilai untuk Bitcoin (sang Emas digital).

Beberapa minggu terakhir, ada kekacauan harga di dunia Bitcoin. Terjadi penurunan hashrate yang begitu cepat, lalu diikuti oleh penurunan harga yang drastis. Sangat mengejutkan hal seperti ini terjadi 2 bulan sebelum halving Bitcoin dimulai.

Phil Salter berpendapat mengenai Bitcoin saat masa-masa kritisnya perekonomian dunia bersama dengan Cointelegraph.

Berbicara mengenai apakah para penambang juga ikut memainkan harga dan menjadi pemeran utama dalam penurunan harga BTC kemarin, Salter mengamati dan berpendapat:

“Kejadian ini tidak berbeda dengan apa yang terjadi pada pasar tradisional, Anda harus menjual segalanya untuk menjaga operasinya terus berjalan, untuk melunasi hutang Anda atau tagihan Anda. Sebagai penambang/miner Anda harus membayar tagihan-tagihan, Anda harus membayar tagihan listrik, membayar biaya operasi; dan pengeluaran Anda dalam dolar, sehingga ketika harga bitcoin turun, itu berarti Anda harus menjual lebih banyak tabungan BTC Anda agar bisa terus beroperasi.”

Baca Artikel Terkait Lainnya: Wanita Ini Ditangkap Karena Mencuri $ 480.000 Di Bursa Crypto, Ternyata Sang Pendiri Bursa!

Sampai di titik tertentu, ini adalah efek snowball – saat harga turun, para penambang juga dipaksa untuk menjual lebih banyak apa yang mereka punya, dan karena mereka menjual lebih banyak BTC – surplus pasokan secara otomatis menyeret harga untuk turun semakin dalam ke bawah. Namun, ada titik tertentu ketika bagi penambang tertentu, mematikan dan menghentikan produksinya sampai pasar mulai pulih.

Bitcoin: Emas Baru

Narasi Bitcoin yang paling populer selalu berusaha menggambarkannya sebagai emas baru. Namun, kali ini Bitcoin telah melepaskan diri dari narasi itu dengan mengikuti lintasan pasar tradisional. Apakah pembalikan terbaru ini akan terus berlanjut sebagian besar tergantung pada tingkat keparahan krisis ekonomi didunia, Salter percaya:

“Jika krisis ekonomi ini bisa teratasi, maka tidak akan memiliki implikasi besar bagi Bitcoin. Namun, jika ada keruntuhan nyata secara lanjut dan semakin parah, maka minat terhadap Bitcoin akan meledak. BTC akan kembali dipandang sebagai lindung nilai terhadap sistem perbankan. Semakin banyak skeptisisme dalam ekonomi lama, semakin banyak yang akan masuk ke Bitcoin.”

Baca Artikel Terkait Lainnya: Bitfinex Bakal Lakukan Delist Pair Koin Kembali Untuk Meningkatkan Likuiditas

Redaksi Bitcoin News Indonesia

Komentar

comments

Bitnami