NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Mitos Atau Fakta: ‘Altcoin Termurah Bisa Membuat Keunt...

Analisis Pasar, Berita Altcoin

Mitos Atau Fakta: ‘Altcoin Termurah Bisa Membuat Keuntungan Yang Besar’

Banyak investor percaya bahwa membeli altcoin yang termurahpun bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar, fakta atau mitos? Yuk kita kupas dengan data.

Bagi kebanyakan investor, perdagangan kripto masih menjadi masalah utama di mana investor yang tidak berpengalaman berharap untuk menjadi kaya dengan membeli altcoin dengan harga termurah seperti yang dilakukan oleh banyak pedagang pemula pada tahun 2017 silam namun gagal atau malah amblas.

Saat ini, sebagian besar pedagang tidak berharap Bitcoin (BTC) bisa naik 50% atau lebih dalam satu minggu karena agak tidak mungkin hal itu bakal terjadi. Namun, banyak dari investor yang sama ini malah bersedia untuk menempatkan dana mereka di altcoin yang harganya murah tentunya dengan harapan bahwa membeli cryptocurrency yang lebih murah akan menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi.

Sebuah tinjauan ringkas dari indeks CoinMarketCap menunjukkan bahwa 39 koin dari 60 koin teratas berharga di bawah $ 3 pada 12 Juli. Investor yang ingin segera untung dari koin murah tersebut harus bersusah payah memilih koin yang berkemungkinan naik harga.

Seperti yang ditunjukkan di tahun-tahun sebelumnya, altcoin bisa memperoleh relevansi bahkan ketika pasar cryptocurrency cukup stabil dengan meningkatkan pangsa pasar mereka. Periode-periode ini umumnya dikenal sebagai musim altcoin, dan musim ini dapat berlangsung beberapa hari hingga beberapa bulan.

Penurunan dominasi Bitcoin memicu kenaikan harga altcoin

Belum ada definisi yang jelas tentang musim altcoin, meskipun biasanya melibatkan penurunan signifikan pada dominasi Bitcoin. Pengurangan 3% pada grafik dominasi Bitcoin bisa menarik valuasi sebesar $ 8 miliar, dan bergeser ke kapitalisasi pasar cryptocurrency alternatif atau altcoin senilai $ 100 miliar.

Dengan melakukan analisis dengan periode 15 hari selama setahun terakhir, seseorang dapat menemukan momen-momen euforia altcoin, yang cenderung terjadi baik pada tren cryptocurrency yang bullish maupun netral.

Karena Bitcoin kehilangan level support yang signifikan atau menghadapi tren bearish sekalipun, kebanyakan investor masih cenderung menghindari risiko pada altcoin dan memilih menjauh, yang menyebabkan dominasi BTC terus meningkat.

Beberapa Data Musim Altcoin Sebelumnya

Dominasi BTC turun 4,8% dari 30 Januari hingga 14 Februari

Performa terbaik di antara koin sub-$ 3. Cointelegraph

Dominasi BTC turun 3,5% dari 6 September hingga 21 September

Dominasi BTC turun 3,4% dari 7 Januari hingga 22 Januari

Dominasi BTC turun 2,7% dari 25 Maret hingga 9 April

Performa terburuk di antara koin sub-$ 3. Cointelegraph

Gagalnya Teori Pembelian Koin Termurah

Selama empat periode terakhir dari altcoin yang mengalami kenaikan harga terhadap harga Bitcoin, tiga koin termurah berhasil mengungguli hanya dalam satu kasus. Rata-rata, 69% dari cryptocurrency sub-$ 3 berkinerja lebih buruk daripada pasar altcoin.

Rata-rata, 40% dari koin berharga rendah berhasil menyelesaikan periode 15 hari tersebut sebesar 10% atau lebih. Oleh karena itu, aman untuk mengatakan bahwa membeli cryptocurrency dengan harga yang murah bukanlah pilihan terbaik bagi investor untuk dipilih selama reli altcoin terjadi.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami