NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Mining Bitcoin: Ingin Membeli Alat Mining Bitcoin, Baca Ini ...

Berita, Berita Pertambangan/Mining

Mining Bitcoin: Ingin Membeli Alat Mining Bitcoin, Baca Ini Dulu!

  • Saat harga bitcoin naik, peralatan mining/penambangan bekas akan menguntungkan untuk dioperasikan kembali
  • Akibatnya, harga miner bekas akan naik hampir dua kali lipat dalam beberapa minggu terakhir, menjadi $ 250 – $ 320 untuk kategori Bitmain Antminers versi lama
  • Di beberapa tempat 220.000 sampai 700.000 unit miner sudah siap online musim panas ini

Biaya peralatan penambangan atau mining bitcoin/cryptocurrency bekas di Cina naik hampir dua kali lipat dalam beberapa pekan terakhir, hal ini disebabkan oleh lonjakan harga bitcoin yang kini sedang terjadi.

Kenaikan harga yang terjadi sejak pertengahan April telah membuat mesin penambangan atau yang sering kita sebut sebagai miner menjadi menguntungkan kembali untuk dioperasikan – dan menyebabkan kenaikan harga alat penambangan. Menurut perusahaan data blockchain TokenInsight, pada 8 April, investasi di sebagian besar jenis peralatan penambangan crypto akan membutuhkan waktu 200 hingga 350 hari untuk pengembalian modal.

Namun kenaikan harga bitcoin dari $ 4.000 pada awal April menjadi $ 5.000 lebih telah menurunkan estimasi waktu/periode pengembalian modal (harga miner dibagi dengan keuntungan hariannya) untuk beberapa model lama atau bekas menjadi kurang dari 200 hari.

“Ketika periode pengembalian modal di bawah 200 hari, hal ini telah membuat banyak penambang merasakan adanya sebuah peluang,” kata Michael Zhong, seorang analis pertambangan di TokenInsight. “Hal ini semakin mendorong permintaan pembelian mereka untuk model bekas atau model lama dan mengarah ke kenaikan harga dan akan membawa periode pengembalian modal kembali di atas 200 hari lagi.”

Perubahan pasar ini berdampak pada pebisnis seperti Darius Sharif Samani, penambang independen yang memiliki mesin di China dan brokers equipment sales. Sekitar bulan Maret, Samani berhasil membeli unit AntMiner S9 bekas seharga $ 140. Miner tersebut buatan dari Bitmain, mesin ini dapat menjalankan komputasi dengan kecepatan 14 terahash per detik (TH/S).

Harga AntMiner S9 kini melonjak hingga di atas $ 250, dan akan membutuhkan biaya lebih dari $ 280 untuk membeli versi baru dari AntMiner S9 yang menghasilkan 14,5 TH/s, bahkan ada beberapa yang memasang harga hingga $ 320 per unitnya, Kata Samani.

Apa Benar Stok Sudah Habis?

Beberapa pedagang peralatan pertambangan mengatakan kepada Samani bahwa beberapa model telah terjual habis.

Namun Samani curiga apakah para pedagang tersebut mengatakan yang sebenarnya ketika mereka mengklaim sudah kehabisan stok.

Ini ada kaitannya dengan penimbunan alat penambangan, atau semacam untuk menaikkan harga dengan membuat barang tersebut habis atau langka.

Penawaran dan permintaan

Chris Zhu, salah satu pendiri Poolin, pool mining crypto yang berbasis di China, mengatakan pendorong lain dari meningkatnya permintaan untuk peralatan bekas adalah modal baru dari pendatang baru atau newcomers.

Satu pendatang baru adalah mining fund sebesar $ 44,5 juta yang dikumpulkan oleh perusahaan investasi blockchain yang berbasis di Shanghai, Fundamental Labs, yang bertaruh untuk peralatan dan operasi mining farm menjelang musim panas.

Zhu dan Raymond Yuan, pendiri Fundamental Labs, mengakui bahwa tahun ini akan ada lebih banyak mining farm daripada peralatan pertambangan yang beredar di pasar.

Fundamental Labs ’Yuan setuju, mengatakan ada persediaan yang terbatas mengenai peralatan penambangan cryptocurrency yang baru dari produsen.

Model baru

Memang, ada produsen peralatan pertambangan besar yang telah meluncurkan mesin yang lebih kuat di tahun ini, hanya sedikit yang mampu mengirimkan produk yang siap dipasarkan dalam skala besar.

Sebagai contoh, Bitewei, atau MicroBT meluncurkan WhatsMiner M20S pada bulan April dengan daya hashing sebesar 70TH/s yang mengonsumsi daya sebesar 48 watt per hashnya.

Pendiri MicroBT, Zuoxing mengatakan bahwa 1.000 hingga 2.000 unit sudah tersedia untuk dikirim atau di jual di bulan Mei, namun untuk pesanan yang sebesar 10.000 unit harus menunggu hingga bulan Juli dan Agustus.

Dari produsen lainnya, para penambang yang memesan model terbaru T3 InnoSilicon, dengan harga $ 1.580 dengan kekuatan hash 43TH/s, juga harus menunggu barang hingga Juni.

Bitmain, telah meluncurkan miner andalannya AntMiner S17 dan S17 Pro dalam beberapa bulan terakhir tetapi batch pertama baru akan siap dikirim di bulan Mei dan sudah terjual habis sampai saat ini. Bitmain sendiri menyimpan dan menggunakan produk S17 nya dan menjual kekuatan hash dari mesin-mesin tersebut melalui kontrak cloud mining, seperti yang diiklankan di situs webnya.

Namun sekuat-kuatnya mesin baru ini, periode pengembalian modal masih tergolong lebih lama dari mesin bekas atau second, jika dibandingkan dengan biaya mereka yang lebih tinggi dan harga bitcoin yang lebih rendah dibandingkan dengan pasar crypto di tahun 2017.

“Pembuat miner juga sangat bergantung pada harga bitcoin untuk memutuskan skala produksi mereka,” kata Zhong.

“Jika harga bitcoin tidak dapat di atas $ 8.000, para penambang tidak akan memproduksi peralatan terbaru mereka yang lebih kuat dalam skala besar.”

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami