Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$59,063.00
-5.62%
Ethereum (ETH)
$4,032.94
-3.94%
XRP (XRP)
$1.03
-7.76%
EOS (EOS)
$4.27
-11.99%
Bitcoin Gold (BTG)
$61.37
-10.11%
Mengintip Altseason dan Harga Bitcoin $ 30.000: 5 hal yang h...

Berita

Mengintip Altseason dan Harga Bitcoin $ 30.000: 5 hal yang harus diperhatikan di akhir 2020

Natal mampu membawa Bitcoin (BTC) ke level harga $ 28.000, di tengah peringatan bahwa Bitcoin sudah berada di garis bidik regulator untuk tahun 2021.

Bitcoin mencapai rekor tertinggi yang baru $ 28.400 dan kali saat publish berada di kisaran $26.000 – jadi langkah apa yang akan terjadi sekarang.

Inilah lima faktor yang dapat membantu arah harga Bitcoin minggu ini.

Emas melonjak karena Trump tandatangani stimulus

Pasar terhindar dari mimpi buruk minggu ini setelah Presiden AS Donald Trump setuju untuk menandatangani tagihan stimulus virus corona senilai $ 900 miliar dari Kongres.

Penetapan untuk menambah sejumlah besar hutang ke Federal Reserve, paket tersebut mencakup berbagai manfaat untuk bisnis tetapi tidak untuk memberi orang Amerika tingkat dukungan keuangan langsung yang sama seperti yang terlihat pada bulan Maret lalu.

Pasar dengan demikian telah memulai minggu baru dengan catatan positif, dengan sedikit kenaikan terlihat pada S&P 500 berjangka sebelum sesi pembukaan Wall St.

Pada saat yang sama, emas telah kembali, dengan data yang menunjukkan bahwa logam mulia sekarang berada di jalur untuk kenaikan satu tahun terbesar dalam satu dekade.

Dibandingkan dengan akhir November, XAU / USD naik $ 111 atau 6,25%.

“Karena Presiden @realDonaldTrump memveto hanya sembilan tagihan (stimulus), jumlah paling sedikit sejak Warren Harding, yang menjabat hanya dua tahun, dari 1921-1923,” kutu emas dan penentang Bitcoin terkenal Peter Schiff mengutarakan cuitannya terkait tagihan yang ditandatangani.

“Chester Arthur (1881-1885) presiden yang menjabat penuh dengan memveto lebih sedikit tagihan. Anda tidak dapat mengeringkan rawa dengan membuatnya lebih dalam.”

Munculnya berbagai peraturan atau regulasi untuk Bitcoin agar lebih mainstream

Setelah mencapai harga tertinggi yang baru selama Natal, Bitcoin mungkin harus segera menghadapi berbagai rintangan baru, beberapa sumber memperingatkan.

Tercapainya $ 28.400 dan menegaskan keuntungan bulanannya sebesar 55%, Bitcoin sekarang masuk ke dalam radar para regulator ketika daya tarik utamanya meningkat. Bahkan bagi para pendukungnya, tahun depan mungkin akan menjadi waktu yang sangat menantang.

Mulai dari Menteri Keuangan Steven Mnuchin dengan upaya untuk memaksakan undang-undang baru atas dompet noncustodial, yang mereplacement, Janet Yellen, mungkin tidak akan menjadi sebuah solusi, kata mereka.

“Secara umum, saya pikir kami memiliki tantangan dengan Dems – mereka lebih suka regulasi yang lebih banyak, lebih banyak pengawasan,” Meltem Demirors, kepala strategi di manajer aset digital CoinShares, mengatakan kepada Bloomberg pada hari Minggu.

“Saya sedikit khawatir dengan arah tren.”

Seperti biasa, tambal sulam political allegiances berarti bahwa serangan apa pun dapat diatasi dengan kehadiran tokoh-tokoh yang ramah kripto di tempat lain. Ketua baru dari Securities and Exchange Commission (SEC), Elad Roisman, dianggap sebagai penggemar yang mungkin dapat memperlancar perkembangan Bitcoin di masa depan.

Naiknya Bitcoin hingga $ 28.400 “sangat sehat”

Berkonsentrasi pada aksi pasar spot Bitcoin terbaru, hari Senin akan menjadi ujian utama bagi bulls mengingat momentum yang terlihat selama akhir pekan.

Setelah mencapai level tertinggi sepanjang masa $ 28.400 pada hari Minggu, Bitcoin terlihat melemah yang sudah diperkirakan banyak orang.

“#Bitcoin mengalami koreksi yang sangat sehat karena cukup vertikal. Mungkin BTC menjadi yang teratas untuk sementara ini,” analis Cointelegraph Markets, Michaël van de Poppe meringkas di media sosialnya.

“Apa langkah selanjutnya? Konsolidasi, aksi sideway, sedikitnya volatilitas. Memberi ruang bagi pasar lainnya untuk bergerak naik. Pasangan $ BTC bekerja dengan baik.”

Van de Poppe sedang mengamati potensi altcoin untuk memulai tanggapan mereka terhadap perkasanya Bitcoin baru-baru ini, dengan alasan bahwa tanda-tanda sudah mulai muncul bahwa “musim altcoin/altseason” sudah dekat.

“Setelah #Bitcoin menyelesaikan run (dan bullrun kali ini sudah cukup vertikal), large cap (cap besar) uang akan berpindah. Dan menuju mid-caps dan small caps,” lanjutnya.

Altcoin tidak mati, aliran uang masih sama.

Sementara gagal melawan BTC, beberapa altcoin populer masih mampu memberikan keuntungan yang signifikan dalam USD, dengan pemimpin pasar Ether (ETH) yang bertengger di kisaran harga $ 700 naik 530 %.

Terdapat celah atau gap pada Bitcoin berjangka

Bitcoin harus bergelut dengan “celah atau gap” besar yang muncul di pasar berjangka minggu ini.

Data dari kontrak berjangka CME Group menunjukkan bahwa pada hari Jumat, perdagangan berakhir pada sekitar $ 23.825. Senin saat dimulainya pasar $ 26.500 menjadi tolok level pembukaan.

Yang disebut “celah” berjangka ini mengacu pada kekosongan antara sesi perdagangan Jumat dan Senin, dan harga spot BTC/USD memiliki kebiasaan untuk kembali “mengisinya” setelahnya.

Namun, dalam beberapa minggu terakhir, tren ini telah melemah, dengan celah yang masih tersisa antara $ 16.900 dan $ 19.500 yang hanya terisi sebagian saja.

Hal ini pada gilirannya menimbulkan teori di antara para analis – termasuk Van de Poppe – bahwa Bitcoin masih dapat turun untuk mengunjungi kembali level di bawah $ 20.000 untuk mengurus keperluannya mengisi gap yang belum selesai.

Jika hal itu tidak benar-benar terjadi, analis mungkin perlu menerima kenyataan pahit dari apa yang dulunya merupakan indikator kuat dari lintasan harga Bitcoin jangka pendek.

Stock-to-flow memperkirakan harga tertinggi dari Bitcoin

Topik terkait lintasan harga, tindakan terbaru membuat Bitcoin berselisih dengan salah satu model harga yang paling terkenal dan paling handal yaitu stock-to-flow.

Setelah naik untuk mencapai apa yang diminta model tersebut minggu lalu, akhir pekan memastikan bahwa BTC/USD sudah outperformed, dengan retracement hari Minggu ke kisaran pertengahan $ 26.000 memastikan kepatuhannya dengan cepat kembali menghijau.

Seperti yang dijelaskan oleh penciptanya PlanB dan Saifedean Ammous, penulis “The Bitcoin Standard,” Bitcoin secara keseluruhan tetap sangat setia pada apa yang dibutuhkan oleh stock-to-flow hampir setiap harinya.

“Harga Bitcoin terus mengikuti nilai prediksi dari model stock-to-flow @100trillionUSD dengan ketepatan yang sangat mengesankan,” rangkum Ammous.

Ke depannya, berbagai inkarnasi model menuntut tingkat harga antara $ 100.000 dan $ 576.000 untuk sekarang dan akhir siklus halving saat ini pada tahun 2024.

Sumber: Digitalik – Bagan stock-to-flow Bitcoin.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami