NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Mengapa Pasar Asia Lebih Berdampak Pada Harga Bitcoin Dari P...

Berita, Berita Altcoin, Berita Bitcoin

Mengapa Pasar Asia Lebih Berdampak Pada Harga Bitcoin Dari Pada Amerika dan Eropa?

Jika kita lihat dari fakta yang ada, keputusan persetujuan SEC terhadap ETF Bitcoin serta cryptocurrency dapat mendorong pasar/market untuk bullish dan hal itu pastinya akan keluar dari Amerika Serikat. Namun, menurut penelitian terbaru menunjukkan bahwa Asia adalah penggerak dominan pada harga Bitcoin dan pasar Cryptocurrency bukan dari barat (Amerika dan Eropa).

Meskipun benar faktanya bahwa kubu barat telah memberikan banyak dominasi atas pasar aset yang mainstream, hal yang sama tidak selalu berlaku untuk Bitcoin dan pasar altcoin.

Menurut Mosaic, sebuah perusahaan data dan penelitian cryptocurrency, perkembangan di Asia memberikan efek yang jauh lebih besar pada pasar mata uang digital ini jika dibandingkan dengan Amerika dan Eropa.

Grafik dari Mosaic.io

Perusahaan riset tersebut mengatakan ada 11 perkembangan berita utama dari Asia mengenai cryptocurrency. Headline ini mempengaruhi pasar dengan rata-rata 18,61 persen.

Kejadian yang paling mengejutkan terjadi pada awal tahun ini ketika CoinMarketCap menghapus data dari bursa Korea Selatan. Menurut Mosaic, peristiwa tunggal ini memberikan efek crash pasar lebih dari 57 persen.

Kemudian pada pertengahan tahun ini ketika harga BTC mengalami kenaikan dari 6.200 menjadi 8.000 dollar, hal ini dipicu oleh berita yang keluar dari Asia. Kabarnya, sebagian warga di China mulai beralih ke Bitcoin sebagai alat penyimpanan nilai karena pemerintah mempercepat devaluasi mata uangnya.

Dominasi di wilayah Asia tidak berhenti disini saja, selain berita positif atau negatif yang dapat mempengaruhi harga BTC, Asia juga mendominasi Mining dan bursa pertukaran cryptocurrency.

Asia mendominasi baik landscape pertambangan atau mining dan bursa pertukaran. Bahkan selain China, di tempat lain seperti Singapura, Hong Kong, Jepang, dan Korea Selatan merupakan hotspot untuk segala macam platform pertukaran mata uang digital serta bisnis terkait.

Mengapa informasi ini sangat relevan? Nah, terlepas dari kesimpulan volume perdagangan yang ada di setiap bursa tersebut, ada juga pengaruh dari komponen bahasa. Di bursa pertukaran Asia pada umumnya, layanan bursa mereka juga menawarkan pengalaman penggunanya dengan bahasa lokal mereka, hal ini akan memberi kesan pada perdagangan ke penduduk lokal setempat. Ditambah lagi dengan biaya listrik yang relatif lebih murah (terutama Cina) yang masih menjadi pemain dominan dalam industri pertambangan bitcoin.

Awal tahun ini, Arthur Hayes, CEO dari platform BitMex yang berbasis di Hong Kong, mengatakan bahwa perdagangan crypto di Asia mengalami perkembangan yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan wilayah Barat.

Gambar airline experience

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami