You have not selected any currencies to display
Mengapa Bitcoin Menjadi Pilihan Terbaik Sebagai Investasi Di...

Berita, Berita Bitcoin

Mengapa Bitcoin Menjadi Pilihan Terbaik Sebagai Investasi Di Tahun Ini

Sekali lagi, harga Bitcoin lebih ungul jika dibandingkan dengan setiap mata uang cadangan dan mata uang yang ada di dunia sampai sekarang. Harga atau nilai Bitcoin ternyata lebih unggul 30 persen dari mata uang negara US “dolar AS”, Bitcoin telah melampaui pertumbuhan Peso Meksiko, Perak, Emas dan Rubel Rusia serta mendapat predikat sebagai mata uang yang berkinerja baik di tahun 2017 ini.

Menurut grafik data Bitcoin yang ada, nilai Bitcoin telah melampaui nilai mata uang lainnya dan aset safe haven lainnya seperti emas dan perak dengan margin yang sangat lebar.

Baca juga: Konsorsium R3 Kini Telah Kehilangan Anggota Besar Seperti JPMorgan

Sejauh ini, 2017 telah menjadi tahun yang sukses bagi para investor Bitcoin dan pedagang alternatif kriptocurrency (altcoin), misalnya altcoin atau aset kripto ternama lainnya seperti Ethereum yang kini sudah mencapai cap pasar sebesar $ 5 miliar pada awal April.

Bahkan pada bulan Januari, pangsa pasar Ethereum belum mencapai $ 1 miliar. Dan dalam waktu empat bulan saja, harga Ethereum mengalami peningkatan pesat menjadi lima kali lipat.

Pertumbuhan Etereum ini dapat dikaitkan dengan pembentukan Aliansi Enterprise Ethereum dan komunitas pengembang yang diikuti oleh perkembangan perusahaan, organisasi serta bisnis dengan skala yang besar.

Pasar Bitcoin secara konsisten mengalami beberapa perubahan besar pada ekosistemnya di awal tahun ini.

Dimulai dengan, Filipina dan Jepang yang secara lantang melegalisasi Bitcoin dan area bisnisnya di wilayah masing-masing. Pemerintah India juga menyatakan kemungkinannya dalam membentuk kerangka peraturan bagi Bitcoin yang akan dilaksanakan pada awal Mei nanti. Beberapa ritel terbesar di Jepang pun termasuk Bic Camera turut ikut andil, yang memiliki pengaruh besar terhadap pasar teknologi dan konsumen Jepang dan Bic Camera pun sedah mulai menerima pembayaran menggunakan Bitcoin.

Kekuatan utama pendorong harga Bitcoin di awal 2017 ini pun diduga merupakan penyelesaian dari masalah skalabilitas jaringan Bitcoin saat ini. Ukuran block Jaringan yang kecil ini menyebabkan kemacetan pada Blockchain, kenaikan biaya transaksi yang drastis serta waktu konfirmasi yang lama.

Jika masalah skalabilitas Bitcoin ini bisa dengan cepat teratasi di tahun ini, dengan solusi inovatif seperti Bitcoin Core dengan Segregated Witness (SegWit)nya, Pembesaran Ukuran Block oleh Andrew Lee atau solusi lainnya yang berpotensi baik, kemungkinan besar harga Bitcoin akan mengalami peningkatan yang eksponensial.

Bitcoin secara resmi sudah melampaui level harga $ 1.300 pada tanggal 26 april lalu, memecahkan harga tertinggi sepanjang masa sebelumnya yang telah ditetapkan pada level harga $ 1.277. Namun, sebagian besar dari para analis melihat tingkat ketidakstabilan yang tinggi pada tren harga Bitcoin saat ini karena masalah perbankan yang menyebabkan bursa pertukaran Bitcoin seperti Bitfinex dan OKCoin mengalami banyak perubahan dan kendala operasi/layanan.

Jika konflik antara bank dan bursa pertukaran Bitcoin bisa teratasi, masalah skalabilitas Bitcoin juga dapat dipecahkan serta adopsi mainstream di Jepang, India dan Filipina ini terus berkelanjutan, saya rasa harga Bitcoin akan menunjukkan pertumbuhan besar di jangka menengah dan jangka panjang yang eksponensial.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Mengapa Bitcoin Menjadi Pilihan Terbaik Sebagai Investasi Di Tahun 2017

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami