NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Khawatir Tentang Manipulasi Pasar Crypto, FED Terus Cetak Ua...

Berita

Khawatir Tentang Manipulasi Pasar Crypto, FED Terus Cetak Uang

FED terus cetak uang selama tiga hari berturut-turut, (FED) Federal Reserve System – Bank Amerika Serikat telah melakukan pencetakan uang yang memicu kekhawatiran luas jika hal ini akan diluar kendali. Ironisnya regulator AS malah membahas tentang manipulasi pasar crypto ketika FED melakukan kegiatan ini.

Market Gabungan Antara Bitcoin dan Ethereum

Uang baru sebesar 75 miliar dollar AS segera masuk dan membanjiri pasar uang AS. Kedengarannya hal ini seperti operasi rutin sekarang dan FED selalu melakukan hal itu ketika sistem ekonomi mulai mengalami kebocoran.

Dalam upaya untuk mencegah kenaikan federal fund rate secara lanjut, bank sentral menambahkan lebih banyak uang ke dalam sistem pada hari Kamis. Dalam rentang minggu ini saja uang sebesar 203 miliar dollar AS telah berhasil disuntikkan ke pasar. Jumlah uang tersebut sudah setara dengan kapitalisasi pasar gabungan antara Bitcoin dan Ethereum pada level saat ini.

Jika ditambah dengan uang yang disuntikkan kembali oleh FED ke pasar hari ini maka akan membuat total jumlahnya lebih dari total kapitalisasi pasar aset crypto.

Lonjakan suku bunga jangka pendek minggu ini dapat mengancam dan mengganggu pasar obligasi serta sistem pinjaman secara keseluruhan. Repurchase agreement (repo) semalam yang terbaru terjadi sehari setelah Komite Pasar Terbuka Federal memangkas suku bunga acuan menjadi kisaran target 1,75% hingga 2% menurut Business Insider.

Ini adalah pertama kalinya bank sentral mengambil langkah seperti itu sejak krisis keuangan global 10 tahun lalu. Saat itu, pinjaman besar hipotek sub-prime oleh bank dan perusahaan keuangan untuk mendanai perdagangan derivatif mereka sendiri yang menciptakan bencana keuangan dan krisis pasar berikutnya.

Ketua FED Jay Powell menjelaskan langkah tersebut.

“Sementara langkah ini penting untuk fungsi pasar dan pelaku pasar, mereka tidak memiliki implikasi bagi ekonomi atau sikap kebijakan moneter.”

Apakah Alasannya Memang Karena Manipulasi Pasar Crypto… Benarkah?

Kata-kata manipulasi pasar memang sering kita dengar, dan ini sering sekali di tuduhkan oleh para regulator untuk market crypto. Welson Trader menyindir terkait hal yang dilakukan oleh FED kali ini;

“Ketika 10.000.000 tether dicetak, semua orang berteriak manipulasi pasar”.
Namun ketika FED mencetak 130.000.000.000, itu hanya “operasi pasar terbuka”,

Sungguh tidak adil… dan jelas jelas diskriminatif.

Jika dilihat-lihat prinsipnya tetap sama dan kripto disini masih dicap buruk oleh mereka, yang lebih parahnya lagi mereka malah membenarkan taktik manipulasi pasar besar-besaran lainnya.

Gambar sampul dari geo.tv

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami