NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Kasus QuadrigaCX Terkuak! Co-Founder QuadrigaCX Ternyata Men...

Berita, Berita Penipuan Dan Peretasan

Kasus QuadrigaCX Terkuak! Co-Founder QuadrigaCX Ternyata Menyelewengkan Dana Para Pengguna Bursa

Almarhum pemilik dari bursa pertukaran cryptocurrency di Kanada QuadrigaCX diduga mentransfer dana pengguna dari bursa dan menggunakannya sebagai dana keamanan untuk margin tradingnya sendiri di platform lain.

Hal ini terungkap dalam laporan kelima dari penyelidikan Ernst & Young (EY), yang diajukan pada 19 Juni 2019 ke Mahkamah Agung Nova Scotia.

EY telah menguraikan keprihatinan utamanya terkait dengan bursa tersebut, mencatat bahwa operasinya “secara signifikan cacat dari pelaporan keuangan dan perspektif kontrol operasional.”

Selain sebagian besar kegiatan yang diarahkan oleh satu orang – pendiri yang sudah meninggal, Gerald Cotton – EY mencatat bahwa tidak ada pemisahan antara tugas dan kontrol internal dasar, maupun pemisahan aset antara Quadriga dan dana pengguna.

Dalam konteks ini, EY menambahkan, Quadriga tidak memiliki visibilitas apa pun terhadap profitabilitasnya. Pengguna crypto, laporan itu menyatakan, tidak secara eksklusif disimpan di dompet bursa. Bahkan:

‚ÄúVolume Cryptocurrency yang besar dipindahkan dari Platform di luar Quadriga ke bursa pertukaran pesaing lainnya ke akun pribadi yang dikendalikan oleh Mr. Cotten. Tampaknya Cryptocurrency Pengguna diperdagangkan di bursa ini dan dalam beberapa keadaan digunakan sebagai dana keamanan untuk akun perdagangan margin yang di lakukan oleh Mr. Cotten. “

Selain itu, Cotten dilaporkan telah membuat akun “teridentifikasi” palsu di Quadriga dengan beberapa alias “dimana Deposit yang tidak didukung disimpan dan digunakan untuk berdagang di dalam platform.”

Dalam perdagangannya di bursa pesaing, EY mencatat bahwa Cotten mengalami kerugian perdagangan dan biaya tambahan yang kemudian memengaruhi cadangan cryptocurrency di Quadriga.

Secara khusus, EY mengatakan belum dapat mengkonfirmasi identitas pemegang dompet yang ditransfer sejumlah besar crypto itu. Pada tanggal pengarsipan, 76.000 pengguna dilaporkan memiliki kombinasi dana antara fiat dan crypto di Quadriga, dengan nilai keseluruhan CD $ 214,6 juta (162,2 juta dollar AS).

Pertukaran pesaingnya tersebut dilaporkan menerima berbagai bentuk crypto dari dompet Quadriga dari 2016-19 termasuk 9.450 bitcoin (BTC), 387.738 ether (ETH) dan 239.020 litecoin (LTC).

Laporan tersebut menguraikan secara rinci transfer kripto dan likuidasi yang diidentifikasi EY dari Quadriga hingga saat ini, dengan berbagai keberhasilan – di antaranya CD $ 80 juta (60,5 juta dollar AS) dalam bentuk BTC yang belum terhitung, yang telah dijual melalui bursa pertukaran pihak ketiga yang tidak disebutkan namanya.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami