NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Kasus Pencurian Dana: Ternyata Dompet QuadrigaCX Sudah Koson...

Berita, Berita Penipuan Dan Peretasan

Kasus Pencurian Dana: Ternyata Dompet QuadrigaCX Sudah Kosong Dan Tidak Digunakan Sejak April 2018

Firma audit Big Four, Ernst & Young (EY) merilis sebuah laporan “Third Report of the Monitor” dalam proses perlindungan kreditor bursa crypto QuadrigaCX yang terletak di Kanada pada 1 Maret 2019.

Dalam laporan tersebut, perusahaan audit telah mengidentifikasi enam dompet crypto secara terpisah yang digunakan terutama untuk menyimpan Bitcoin (BTC). Selain dari satu transaksi Bitcoin yang berjumlah hampir $ 500.000, tidak ada aktifitas setoran atau deposit kembali di dompet tersebut sejak April 2018. Laporan tersebut menyatakan:

“Hingga saat ini, para Pemohon tidak dapat mengidentifikasi alasan mengapa Quadriga mungkin berhenti menggunakan Cold Wallet Bitcoin yang Diidentifikasi untuk melakukan setoran pada bulan April 2018, namun, Pengawas dan Manajemen akan terus meninjau basis data Quadriga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.”

Awal Februari, bursa tersebut mengajukan perlindungan kreditor – setelah pendirinya Gerald Cotten meninggal ditambah cold wallet dan private key juga tidak dapat diakses karena hilang. Sejak itu, bursa pertukaran, pengadilan, EY dan penyelidik telah menavigasi proses yang masih cenderung berbelit-belit untuk memastikan ke mana dana itu pergi kemana.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa, dalam proses penyelidikannya, EY telah menemukan 14 akun pengguna yang “telah dibuat di luar proses normal oleh Quadriga” dan di buat dengan nama alias. Menurut laporan:

“… Akun yang Diidentifikasi dibuat secara internal tanpa basis pelanggan yang sebenarnya itu digunakan untuk berdagang di platform Quadriga. [EY] selanjutnya menduga bahwa setoran ke dalam Akun Identifikasi tersebut mungkin dibuat secara palsu dan selanjutnya digunakan untuk berdagang di platform Quadriga.”

Menurut investigasi, mereka juga berusaha untuk mengamankan data transaksi dan saldo akun dari platform, yang disimpan di sebuah cloud oleh Amazon Web Services. Namun pihak AWS menolak untuk membocorkan data tersebut:

“Karena akun tersebut adalah akun pribadi atas nama Mr. Cotten, AWS mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat memberikan Laporan terkait hal tersebut dengan akses ke Akun AWS untuk melihat salinan data yang hosting amankan.”

Dengan kasus yang masih berbelit-belit ini, awal pekan ini bursa cryptocurrency Kraken menawarkan hadiah sebesar $ 100.000 sebagai hadiah untuk siapa saja yang dapat melacak dana QuadrigaCX yang hilang tersebut. Hadiah dalam bentuk mata uang digital ataupun fiat. Kraken menyatakan, “Semua petunjuk yang dikumpulkan oleh Kraken akan diberikan kepada FBI [Biro Investigasi Federal], RCMP [Royal Canadian Mounted Police] atau otoritas penegak hukum lainnya, yang memiliki kepentingan aktif dalam kasus ini.”

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami