NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Jurus Kaya Dengan Bitcoin: Halving, Boom,Burst, Repeat

Analisis

Jurus Kaya Dengan Bitcoin: Halving, Boom,Burst, Repeat

Bitcoin secara bertahap merangkak naik dari tahun ke tahun, tanpa disadari banyak orang yang mulai mengetahui dan menyukai Bitcoin. Persepsi masyarakat mengenai Bitcoin mulai beralih dari sekadar menjadi koleksi digital menjadi sebuah yang sangat di gandrungi oleh para investor dan trader, awalnya bitcoin diperdagangkan pada kisaran harga $ 0,003 per 1 Bitcoin pada tahun 2010 hingga saat ini (Bitcoin berharga $ 3,800 pada saat penerbitan artikel ini). Percaya tidak percaya, ini baru awalan, Bitcoin baru saja memulai aksinya. Aset ini memiliki jalan yang masih sangat panjang. Agar Anda benar-benar mendapatkan nilai maksimum dari aset ini dan sejenisnya, Anda perlu memahami ceritanya. Ini adalah kisah yang berulang setiap empat tahun. Ini adalah kisah yang menarik. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan maksimum dari aset yang satu ini, Anda harus memahami ceritanya.

Kisah awal pengkodean Bitcoin

Ketika sang pembuat Bitcoin menulis kodenya. Dia memfaktorkan dengan cara yang sangat sederhana untuk menyesuaikan emisi koin. Emisi koin muncul dalam bentuk hadiah kepada para penambang yang memelihara jaringan dan membuatnya aman hingga transaksi yang terus berlanjut atau terpelihara. Satoshi Nakamoto memprogram Bitcoin sedemikian rupa sehingga hadiah blok ini akan mengalami pengurangan hingga setengah dari hadiah sebelumnya yang biasa disebut dengan halving setiap 210.000 blok atau kira-kira setiap empat tahun.

Anatomi dari kisah masa lalu

Whitepaper Bitcoin dirilis pada Oktober 2008 dan blockchain diluncurkan pada 3 Januari 2009 dengan penambangan blok genesis. Peristiwa halving pertama terjadi pada tahun 2012. Dari tahun tersebut harga bitcoin berkisar $ 3,8 dan merangkak naik secara bertahap hingga pergantian tahun dengan pencapaian harga hingga $ 13,00. Tahun 2012 merupakan tahun pertama dari bitcoin halving. Tahun setelah halving tepatnya 2013 harga bitcoin mulai merangkak naik secara signifikan. Harga melonjak dari $ 13,00 dari akhir tahun 2012 hingga mencapai $ 1.200 pada November 2013 (apresiasi harga mendekati 10.000%). Tahun setelah halving 2013, Bitcoin memasuki pasar bullish yang sangat agresif. Sepanjang tahun 2014, Bitcoin berubah berada di pasar bearish/atau penurunan. Harga menurun dengan cepat sampai ke titik terendah pada Januari 2015 dengan harga berada di kisaran $ 170. Kapitulasi harga akhir dari $ 1.200 pada November 2013 ke level terendah $ 170 pada Januari 2015 menandai akhir dari siklus empat tahun pertama bitcoin (historis)

  • Acara halving pada tahun 2012
  • Pasar bullish terjadi pada tahun setelah halving pada tahun 2013
  • Pasar bearish mulai beraksi pada tahun 2014
  • Posisi terbawah harga tercapai pada tahun 2015 dan sebagai awal harga terendah atau harga dasar biasanya harga cenderung stabil selama sesi ini hingga halving berikutnya pada 2016

Harga mencapai titik terendah pada tahun 2015 yang juga merupakan awal dari kenaikan pada leg berikutnya hingga tahun berikutnya 2016. Halving kedua terjadi pada Mei 2016. Sekali lagi, harga mulai merangkak naik hingga akhir tahun 2016, pada akhir tahun harga berada di kisaran $ 800. Seperti 2013, 2017 adalah pasar bullish yang agresif untuk bitcoin dan cryptocurrency secara umum. Bitcoin naik dari harga $ 800 pada Januari 2017 dan pada akhir tahun harga bitcoin sempat menyentuh $ 19.450 pada bulan Desember di tahun yang sama. Secara positif historis siklus Bitcoin empat tahun ini memang sangat berpengaruh dan bisa menjadi acuan besar untuk memprediksi arah pergerakan Bitcoin selanjutnya. Seperti kisah pada halving pertama, tahun setelah pasar bullish yang agresif di tahun 2017 berganti ke tahun 2018 yang merupakan tahun penuh darah (penurunan harga secara besar-besaran atau pasar bearish) terjadi. Harga Bitcoin turun dari harga $ 19.450 ke level terendah yaitu di kisaran harga $ 3.100 dan sekarang pada tahun 2019, bitcoin mulai menunjukkan tanda-tanda bottoming atau harga dasar.

Kisah (siklus) Bitcoin sangatlah penting

Bitcoin sudah dinyatakan sebagai aset berkinerja terbaik dalam dekade terakhir dan baru saja memulai evolusinya. Ini adalah kepercayaan pribadi saya bahwa generasi super-kaya selanjutnya akan terjadi pada Bitcoin/cryptocurrency rich. Namun, untuk dapat memegang aset ini dengan tangan yang kuat dan dengan percaya diri untuk menghindari ayunan harganya yang masih begitu liar, Anda harus memperhatikan dengan cermat SIKLUS EMPAT TAHUNAN BITCOIN ini. Jika Anda memahami tiga tahap siklus Bitcoin yaitu;

  • Halving
  • Boom
  • Burst

Anda dapat memegang (hodl) aset ini dengan percaya diri dan mendapatkan keuntungan di harga tertinggi. Saya yakin kita akan melihat Bitcoin berharga 1 juta dolar dalam 10 tahun ke depan. Kemampuan Anda untuk mengakumulasi dan mulai mengambil keuntungan adalah strategi terbaik Anda untuk mendapatkan keuntungan yang begitu besar di ruang ini.

Halving, Boom, Burst dan Repeat

Siklus ini sudah terjadi dua kali. Kita saat ini akan masuk kedalam siklus yang ketiga. Halving Bitcoin berikutnya akan terjadi pada bulan Mei 2020. Ini adalah saat-saat yang menyenangkan. Posisi terendah di tahun 2019 ini adalah waktu terbaik untuk mulai berinvestasi pada Bitcoin untuk mencapai keuntungan maksimum. Investasi sekarang bertentangan dengan pemikiran kebanyakan orang. Tetapi itulah alasan mengapa rata-rata orang tidak menghasilkan keuntungan yang spektakuler di pasar keuangan. Mereka pergi keluar atau menyerah ketika harga mulai turun atau lesu dan berada di posisi terendah. Lalu mereka bergegas masuk ketika harga naik. Jika tujuan Anda adalah untuk membuat kekayaan yang spektakuler dari pasar cryptocurrency maka Anda harus mengambil cara FIKIR YANG BERBEDA. Waktu untuk mengambil posisi dalam aset ini adalah selama tahap ledakan siklus. Dalam siklus sekarang ini, sekarang! Harga berkemungkinan besar akan berkonsolidasi disebagian besar tahun ini karena investor pintar mengakumulasi Bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Peristiwa halving berikutnya akan terjadi pada Mei 2020 yang akan memicu pasar bullish besar-besaran pada tahun 2021 nantinya.

Jika Anda menyukai konten artikel ini? silakan bantu kami untuk membagikannya artikel kami di media sosial Anda. Terima kasih

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami