NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Jual Beli Emas Menggunakan Platform Blockchain Sudah Tersedi...

Berita

Jual Beli Emas Menggunakan Platform Blockchain Sudah Tersedia Di Turkish Takasbank

Turki Istanbul Kliring, Penyelesaian dan Bank Kustodian (Takasbank) telah mengumumkan platform yang berbasis blockchain untuk layanan jual beli emas fisiknya.

Platform tersebut bernama BiGA, proyek baru dari Takasbank ini bertujuan untuk memberikan pelayanan bagi orang untuk mentransfer emas fisik yang disimpan di Borsa Istanbul Stock Exchange (BIST), entitas bursa tunggal Turki, melalui unit emas digital pada blockchain, bank tersebut mengumumkan peresmian platform ini pada 7 September 2019.

Unit, yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan stablecoin ini didukung secara fisik dengan emas, memiliki nilai yang terikat dengan emas yang dapat diperjual belikan. Karena “BiGA” adalah singkatan dari Turki untuk satu gram emas, satu BiGA setara dengan satu gram emas, menurut situs web proyek tersebut.

Takasbank sebenarnya telah memulai proyek ini dari tahun 2018 dan telah berhasil menyelesaikan proses uji coba dengan sejumlah perusahaan keuangan serta bank lokal termasuk bank terbesar kedua di Turki, Ziraat Bankası, VakıfBank, Albaraka Turk, Garanti BBVA, dan Kuveyt Turk.

Takasbank memfasilitasi transaksi jual beli emas pada platform BiGA, proses transfer atau transaksi juga dapat diawasi oleh pihak berwenang setempat.

Bank juga akan menyediakan sebuah dompet bagi para penggunanya untuk menyimpan token. Selain itu BiGA juga dapat digunakan sebagai metode pembayaran e-commerce.

Takasbank didirikan pada tahun 1988, Takasbank adalah pusat kliring dan penyelesaian/settlement di Turki, menyediakan layanan kliring counteroarty pusat untuk pasar BIST tertentu yang ditunjuk oleh badan pengawas keuangan dan pengawasan lokal, Dewan Pasar Modal Turki.

Sebelumnya BIST pernah mengembangkan basis data pelanggan berkemampuan blockchain yang bekerjasama dengan Takasbank dan Central Securities Depository of Turkey.

Gambar sampul emas

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami