You have not selected any currencies to display
Iran: Bitcoin Disana Berharga 24.000 Dollar AS Per BTC

Berita, Berita Bitcoin

Iran: Bitcoin Disana Berharga 24.000 Dollar AS Per BTC

Penjual lokal di negara Iran lewat platform perdagangan P2P LocalBitcoins saat ini mematok harga sekitar 1 miliar real Iran atau lebih dari 24.000 dollar per Bitcoin (BTC) – di atas level harga tertinggi sepanjang masa yang di cetak pada tahun 2017 kemarin – hal ini dipicu oleh ketegangan yang semakin meningkat antara Washington dan Teheran.

Sumber: LocalBitcoins

Harga Bitcoin Melonjak Naik

Naiknya harga Bitcoin di Iran ini muncul setelah serangan udara di bandara Baghdad yang dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menewaskan kepala elit Pasukan Pengawal Revolusi Iran, Jenderal Quds, Jenderal Qasem Soleimani.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Kabarnya Bitmain Raksasa Miner Bakal Pecat 50 Persen Karyawannya Di Tahun 2020

Kejadian tersebut telah menyebabkan lonjakan harga minyak global serta Bitcoin yang rebound dari posisi terendah kemarin di kisaran harga 6.850 dollar.

Pendiri outlet analisis crypto Messari Ryan Selkis menjelaskan bahwa premi tersebut mungkin disebabkan oleh orang-orang Iran yang ingin keluar dari mata uang nasional Iran yang terus mengalami depresiasi, terutama di tengah meningkatnya prospek perang dengan AS.

“Bitcoin hampir berharga 24.000 dollar AS di LocalBitcoins hari ini. Tidak mungkin naiknya harga ini tanggapan atas apa yang terjadi dengan militer Iran. Sebaliknya, itu mungkin orang-orang Iran itu sendiri yang tidak bersalah (dan putus asa) sedang mencari jalan keluar dari kekacauan saat ini dan yang akan datang.” tandas Messari Ryan Selkis.

Terbatasnya Akses Internet Serta Perdagangan Bitcoin

Volume perdagangan di negara tersebut yang dilaporkan oleh LocalBitcoins capai titik terendah dalam beberapa bulan terakhir ini. Salah satu penyebabnya karena pemerintah Iran membatasi akses internet di negara tersebut sejak November.

Sumber: Coin.dance

Iran berjanji akan membalas aksi A.S. yang dilakukan pada hari Jumat kemarin yang menewaskan Soleimani, lapor NBC News.

Iran semakin agresif untuk menggunakan mata uang digital, hal ini selaras dengan apa yang dilaporkan oleh Cointelegraph bahwa Iran mengusulkan mata uang digital Muslim sebagai salah satu cara untuk menghadapi dominasi ekonomi Amerika Serikat.

“Dunia Muslim harus merancang langkah-langkah untuk menyelamatkan diri dari dominasi dolar Amerika Serikat dan rezim keuangan Amerika,” kata Presiden Iran Hassan Rouhani.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Dalam Satu Bulan Ethereum Lakukan Hard Fork Sebanyak Dua Kali: Apa Lebihnya?

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami