You have not selected any currencies to display
India Siasati Peluncuran Rupee Digital

Berita

India Siasati Peluncuran Rupee Digital

NISG gandeng RBI untuk kembangkan Central Bank Digital Rupee (CBDR) atau Rupee Digital.

Seminggu setelah Reserve Bank of India (RBI) membuat klarifikasi pandangannya terhadap cryptocurrency di India, Economic Times melaporkan munculnya draft paper strategi nasional terkait blockchain di negara India.

Dokumen itu diterbitkan oleh National Institute for Smart Governance (NISG), sebuah perusahaan nirlaba yang didirikan oleh Pemerintah India dan NASSCOM yang memfasilitasi solusi e-governance untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada warga negara India.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Bank Sentral Kamboja Rilis Platform Mata Uang Digital

Paper tersebut menguraikan sebuah potensi dari teknologi blockchain di berbagai organisasi. Aplikasi teknologi blockchain ini disebutkan untuk merancang sebuah model bisnis baru dan aliran pendapatan yang baru. Selain itu, blockchain juga dapat digunakan untuk mengimplementasikan otomatisasi proses dengan menghapus perantara dan meningkatkan efisiensi.

Mengacu pada sejarah peraturan di negara India, NISG menyoroti perlunya meningkatkan pendekatan peraturan atau regulasi pemerintah dengan mengeluarkan pernyataan resmi secara publik yang tidak ambigu. NISG juga menyarankan pendekatan regulasi dengan sentuhan ringan untuk menghilangkan regulasi yang bersifat “restriktif” yang berdampak langsung pada pengembangan teknologi.

NISG juga menyarankan agar RBI mengembangkan Central Bank Digital Rupee (CBDR), selain dari manfaat CBDC yang ada, langkah ini akan menguntungkan pengembang blockchain di India dari cengkeraman peraturan yang masih berat.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Halving Bitcoin Jadi Trending Topik Di Google Search

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami