You have not selected any currencies to display
Heboh! Niat Bank Sentral Korea Selatan Bakal Teliti Dan Kelu...

Berita

Heboh! Niat Bank Sentral Korea Selatan Bakal Teliti Dan Keluarkan CBDC

Bank sentral Korea Selatan mengorganisir satuan tugas untuk meneliti mata uang digital bank sentral (CBDC).

26 Desember 2019, laporan yang berjudul “Kebijakan Moneter untuk 2020,” Bank of Korea akan mempekerjakan para ahli untuk mempelajari efek dari ledger yang terdistribusi, cryptocurrency serta CBDC pada financial settlement dan keamanan. Kelompok ini nantinya juga akan “mengawasi” pada percobaan negara lainnya yang berkaitan dengan CBDC.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Bank Sentral Rusia Uji Stablecoin Asset Pegged – Taraf atau Berpatok

“Bank akan memberlakukan prinsip-prinsip penilaian, yang mencerminkan kondisi domestik, untuk meningkatkan efektivitas pengawasannya terhadap sistem pembayaran dan penyelesaian,” kata pejabat bank dalam dokumen itu.

Gugus tugas atau task force akan dibentuk pada Januari 2020 nanti. (CoinDesk Korea)

Pada tahun lalu, Federal Reserve AS dan Bank Sentral Eropa mengumumkan investigasinya terkait penggantian digital untuk uang tunai, lalu disusul oleh Bank Rakyat China yang siap untuk mengujicobakan “digital yuan” pada tahun 2020. Mata uang digital yang didukung oleh negara dapat meningkatkan penyelesaian/settlement internasional dan internal serta mengurangi penipuan, katakan sebagian pendukung.

Penelitian Bank of Korea terhadap mata uang digital muncul dan pergi. Satuan tugas sebelumnya dari Korea Selatan ini pernah dibubarkan pada Januari 2019 setelah setahun mempelajari mata uang virtual dan CBDC.

Dari hasil penelitiannya yang terdahulu Bank meyakini bahwa CBDC dapat mempengaruhi permintaan layanan perbankan tradisional, yang dapat mempengaruhi stabilitas keuangan.

Pada bulan Oktober, Hong Kyung-sik, kepala Biro Perbankan dan Keuangan Bank Korea, mengatakan ekonomi maju dengan sistem kredit tidak akan mendapat manfaat dari CBDC.

Namun tetap saja, bank menyewa seorang ahli untuk mempelajari cryptocurrency September lalu.

Menurut Bank for International Settlement, “mayoritas” bank sentral di negara maju dan berkembang (dari 63 yang disurvei) sedang meneliti CBDC.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Tidak seperti Libra, Ini Kelebihan Digital Yuan: PBOC Resmi

Gambar sampul dari Bitcoinexchangeguide

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami