You have not selected any currencies to display
Hasil Penelitian Terbaru: Sebagian Besar Warga Negara Indone...

Berita, Berita Penipuan Dan Peretasan

Hasil Penelitian Terbaru: Sebagian Besar Warga Negara Indonesia Jadi Korban Penipuan Crypto

Selain Nigeria, Amerika Serikat dan Vietnam, ternyata sebagian besar warga negara Indonesia menjadi korban penipuan crypto. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Keamanan MyCrypto, Harry Denley.

Denley, dari Southampton, London, sudah melakukan pelacakan/penelitian terhadap kasus penipuan crypto sejak Juni 2018 lalu lewat URL Bit.ly yang menyalurkan para korbannya ke situs web palsu untuk mengelabui korbannya.

Analisis Klik-through

Dengan kumpulan data ini, dia menganalisis klik-through (calon korban) ada sekitar 118.302 sesi (118.302 pengguna unik).

Dengan menganalisis data jaringan, Denley menemukan bahwa 14 persen korban berada di Nigeria; 11 persen di Indonesia; 9 persen persen di AS, dan 8 persen di Vietnam.

Dari seluruh data dan penelitiannya akhirnya Denley menemukan bahwa cara terbaik untuk menipu para pemegang crypto adalah dengan penipuan trust-trading. “Intinya, mereka akan dijanjikan banyak token melalui airdrop, biasanya juga di iming-iming oleh iklan dengan hadiah berbentuk uang, dan mereka akan diminta untuk memberikan sejumlah informasi.”

Dari penarikan kesimpulan data yang diperoleh, metode utama rujukan atau referral teratas yang digunakan oleh scammer/penipu untuk memikat para korbannya adalah Email, SMS dan direct click – 36 persen. Lalu dengan 35 persen – penipuan berkedok airdrop (kinetictokenforms.typeform.com), dan yang terakhir lewar Twitter dengan persentase 4 persen.

Namun Denley mengakui bahwa penelitiannya memiliki beberapa keterbatasan. Data Google Trends, yang menunjukkan seberapa tertariknya orang pada blockchain, tidak cocok dengan data Bit.ly Analytics.

Selain itu, para scammers baru dengan jenis penipuan yang baru, akan terus muncul setiap saat, sehingga dataset Denley hanya mewakili sebagian kecil dari masalah yang sebenarnya.

Jangan mudah tertarik!! Jangan berikan informasi pribadi Anda seperti nomor telpon, alamat dompet, private key dompet Anda! Lindungi aset cryptocurrency Anda di hard wallet seperti Ledger atau Trezor!

(Medium, decrypt)

Gambar sampul dari cryptofish.com

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami