NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Harga Bitcoin Tahun 2020 Mampu Menembus 1 Juta Dolar

Analisis, Berita, Berita Bitcoin

Harga Bitcoin Tahun 2020 Mampu Menembus 1 Juta Dolar

Tidak mungkin harga bitcoin tetap di bawah 1 juta dolar pada tahun 2020 nanti, kata John McAfee.

Pakar keamanan siber Inggris-Amerika itu menggunakan matematika dasar sebagai metrik tunggal untuk membenarkan prediksi enam digit untuk bitcoin. Dia menyatakan bahwa ekonomi perilaku bitcoin benar-benar berbeda dari saham, menambahkan bahwa seseorang tidak dapat menerapkan paradigma dan formula saham untuk merealisasikan nilai masa depan koin.

Memahami “Matematika Dasar”

McAfee tidak secara tepat memikirkan formula matematika yang mendorongnya untuk berpendapat mengenai harga bitcoin yang dapat naik menjadi jutaan dolar. Namun demikian, berdasarkan pernyataan sebelumnya, komputer yang diprogram telah mengukur nilai aktual bitcoin berdasarkan biaya produksinya (penambangan/mining), serta dengan jumlah total pengguna dan transaksi di jaringannya. McAfee menekankan bahwa bitcoin bukan investasi spekulatif tetapi instrumen yang mendukung protokol pembayaran yang bekerja tanpa bank.

Metrik matematika McAfee mengingatkan pada sistem fiat. Dolar AS memiliki nilai di mata orang-orang karena mereka memercayai regulator yang menerbitkan dan yang mengatur nilainya. Semakin banyak penerimaan untuk Benjamin, semakin banyak permintaannya. Hanya dalam kasus bitcoin, tindakan mengeluarkan uang secara berlebihan akan rusak sepenuhnya. Bank mencetak jumlah uang dolar yang tak ada habisnya, berbeda dengan Bitcoin yang mempunyai sebuah protokol dengan memberikan batasan pasokan yang sudah ditentukan sebelumnya yaitu sebanyak 21 juta unit saja dan mengalokasikan tugas pencetakannya ke ribuan penambang/miner.

Hasilnya adalah protokol yang mentransfer dana secara murah daripada biaya rata-rata yang dikeluarkan bank. Selain itu bitcoin juga mengelola catatan di setiap transaksi tanpa perlu perantara. McAfee percaya bahwa kasus penggunaan seperti itu dapat menumbuhkan jaringan bitcoin secara lanjut.

“Orang-orang akan mulai menggunakan bitcoin untuk pembayaran,” tambahnya. “Mereka akan berhenti menggunakan dolar AS, Euro, Yuan Cina yang secara jangka panjang dapat mendevaluasi mata uang itu sendiri.”

Kenapa 2020?

McAfee tidak mengungkapkan mengapa 2020 adalah tahun bagi bitcoin untuk bisa mencapai angka $ 1 juta. Proyeksi-Nya tersebut membuat mata uang crypto terlihat seperti kuda pacu berkinerja buruk. Misalnya, mendekati $ 5.000 nilai tukar BTC/USD perlu tumbuh 19.900 persen hingga Desember 2020. Itu menempatkan tingkat pertumbuhan rata-rata tahunan bitcoin yang mendekati 9.950 persen, yang berarti cryptocurrency setidaknya harus mampu mencapai level harga$ 497.500 pada akhir 2019.

Bahkan jika harga berhasil mendekati $ 500.000 tahun ini, kemungkinan besar koreksi penurunan harga akan mendekati nilai tertinggi historisnya pada tahun lalu. Karena adopsi yang lamban, sebagian besar harga bitcoin bisa dibuat-buat, mirip dengan apa yang terjadi ketika harga mencapai $ 20.000 pada tahun 2017 lalu. Oleh karena itu, jika kita memaksakan pembangunan nilai tertinggi yang lebih tinggi pada akhirnya akan mendorong pedagang untuk keluar dari posisi mereka.

McAfee bisa benar tentang prediksi satu juta dolar bitcoin, tetapi 2020 tampaknya terlalu dini untuk mencapai tonggak sejarah semacam itu.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami