You have not selected any currencies to display
Harga Bitcoin capai $ 18.000, pedagang berharap ada penuruna...

Berita Bitcoin

Harga Bitcoin capai $ 18.000, pedagang berharap ada penurunan harga sebelum capai tertinggi yang baru

Akhirnya harga Bitcoin naik mencapai $ 18.000 tetapi analis masih mengharapkan koreksi ‘besar’ sebelum capai tertinggi baru sepanjang masa.

Bitcoin (BTC) baru saja mencapai level tertinggi tahun 2020 dengan rally harga yang mencapai $ 18.000 lebih hari ini untuk pertama kalinya dalam tiga tahun.

Pada 18 November, harga BTC naik setelah terjadi lonjakan volume perdagangan tinggi yang mendorong harga dan menembus level $ 17.100 hingga $ 17.300 yang diyakini banyak analis akan menjadi level resistensi yang kuat.

Menurut salah satu pendiri Decentrader Filbfilb, harga Bitcoin dapat terus bergerak lebih tinggi dalam jangka pendek jika support utama yang mendasarinya mampu bertahan.

Analis terkenal men-tweet grafik di atas dan berkata:

“PA saat ini masih bisa dengan mudah menghasilkan ledakan terhadap Pengganda Rasio Emas, saat ini pada 19K.”

Seperti yang ditunjukkan pada grafik mingguan, Bitcoin tidak jauh lagi untuk mencapai $ 19.763, harga tertinggi sepanjang masa yang dicapai pada Desember 2017 silam, dan pada beberapa kerangka waktu, volume profile visible range (VPVR) menunjukkan ada sedikit resisten di atas $ 17.000.

Analis berharap harga untuk berkonsolidasi sebentar di kisaran $ 17.500 hingga $ 17.700 karena beberapa pedagang akan mengambil keuntungan, tetapi bull tampaknya berniat untuk terus mendorong BTC untuk lebih tinggi lagi. Sampai saat ini, Bitcoin telah menguat 13,06% sejak menembus resistensi $ 16.000, oleh karena itu periode konsolidasi untuk membangun support untuk leg berikutnya adalah langkah sehat dan diharapkan.

Mengenai dasar-dasar di balik pergerakan harga hari ini dan kemungkinan hasil untuk jangka pendek, Matt Blom, kepala global sales trading di EQUOS, mengatakan:

“Pasar telah mengalami kenaikan besar, menembus di atas saluran tren dan tampaknya memasuki fase ledakan. Dengan pasar bullish yang kuat, kecenderungannya adalah mencapai puncak. Bagi saya, pertanyaannya adalah pada titik mana reli akan berhenti.”

Harga Bitcoin menembus ascending channel. Sumber: Matt Blom, TradingView

Saat BTC menembus level $ 17.000, ada banyak pembicaraan membahas tentang apakah harga BTC akan menolak mendekati level tertinggi 2017 atau malah menembus “resistance” dan naik ke level tertinggi baru sepanjang masa.

Menurut Blom:

“Jika kita naik ke $ 19.050 minggu ini, saya mengharapkan ada penurunan ke level $ 17.000. Ada banyak uang baru masuk ke Bitcoin, mereka tidak pernah mengalami retracement Bitcoin! Di masa lalu, Bitcoin turun kembali dengan pergerakan tajamnya, tetapi kali ini, ada satu hal yang hilang! Kurangnya likuidasi otomatis dari long leveraged.”

Pada 2017, reli hanya didorong oleh pedagang eceran dan sejumlah besar FOMO, atau takut ketinggalan, tetapi skenario saat ini sangat jauh berbeda pada tahun 2020.

Sepanjang tahun 2020, Cointelegraph telah melaporkan tren peningkatan akuisisi Bitcoin dengan ukuran yang cukup besar oleh investor institusi. Data juga menunjukkan bahwa peningkatan volume di pasar turunan Bitcoin dan Ethereum (ETH) yang teregulasi adalah hasil dari keterlibatan para bigger hand dengan Bitcoin.

Blom berkata:

“Fakta bahwa pasar sekarang memfokuskan upaya reli selama minggu kerja institusional adalah indikasi jelas bahwa uang riil telah tiba, yang membuat saya percaya pull-back (atau penurunan) yang diharapkan banyak orang mungkin akan dalam.”

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami