NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Binance Crypto Exchange Mengalami Masalah Keamanan, Hacker M...

Berita, Berita Penipuan Dan Peretasan

Binance Crypto Exchange Mengalami Masalah Keamanan, Hacker Menarik 7.000 Bitcoin

Binance, salah satu bursa pertukaran cryptocurrency terbesar berdasarkan volume perdagangan harian, telah mengalami masalah keamanan besar pada 7 Mei 2019.

Menurut pernyataan bursa perdagangan Binance, hacker atau peretas menggunakan berbagai taktik termasuk phishing dan virus untuk mendapatkan sejumlah besar kode 2FA dan kunci API serta informasi lainnya.

Menurut bursa pertukaran tersebut, ada satu transaksi yang terpengaruh, di mana peretas dapat menarik 7.000 bitcoin (BTC) senilai kurang lebih 582,81 Milyar Rupiah.

CEO Changpeng Zhao menyatakan bahwa bitcoin yang ditarik dari dompet panasnya tersebut hanya mengandung 2% dari total kepemilikan bitcoin di bursa Binance. Zhao menyatakan bahwa dompet lain Binance tidak terpengaruh oleh masalah tersebut.

Platform bursa tersebut akan menangguhkan semua kegiatan deposit dan penarikan/withdrawal saat melakukan peninjauan keamanan pada sistemnya, yang diperkirakan Zhao dan timnya akan memakan waktu hingga satu minggu kedepan. Perdagangan masih akan aktif dan pedagang masih dapat menyesuaikan posisi mereka.

“Harap juga untuk dipahami bahwa peretas masih dapat mengontrol akun pengguna tertentu dan dapat menggunakannya untuk mempengaruhi harga. Kami akan memantau situasi dengan cermat. Tapi kami percaya dengan penarikan yang sudah dinonaktifkan, tidak ada banyak insentif bagi peretas untuk mempengaruhi pasar.”

Zhao juga menambahkan bahwa dia akan melakukan AMA (ask me anything) Twitter dalam beberapa jam untuk menjawab pertanyaan dari komunitas crypto.

Bursa pertukaran tersebut akan menggunakan Secure Asset Fund for Users (SAFU) untuk menutupi insiden tersebut. Bursa pertukaran Binance mendirikan bagian dana tersebut pada Juli 2018 lalu sebagai jenis asuransi darurat. Bursa pertukaran tersebut mengalokasikan 10% dari total biaya perdagangan untuk membiayai SAFU.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami