NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Facebook Menghentikan Semua Pengembangan Proyek Crypto Libra...

Berita, Berita Altcoin, Berita Blockchain

Facebook Menghentikan Semua Pengembangan Proyek Crypto Libra, Banyak Pihak Yang Menuntut

Siapa sangka…

Selang beberapa jam setelah pengumuman dan rilis whitepaper cyrpocurrency baru dari Facebook, yang disebut Libra, pemerintah AS telah memutuskan untuk campur tangan akan hal ini.

Menurut Reuters, Rep. Patrick McHenry, senior dari Partai Republik di House Financial Services Committee, menulis surat Selasa untuk komite Ketua Maxine Waters, seorang Demokrat, menuntut sidang mengenai inisiatif cryptocurrency Facebook.

Tidak seperti mata uang digital yang ada, Facebook memiliki platform dan skala besar di seluruh dunia yang dapat memengaruhi pembayaran global dan pasar mata uang digital …

“Kami tahu ada banyak pertanyaan terbuka tentang ruang lingkup dan skala proyek dan bagaimana hal itu sesuai dengan kerangka kerja peraturan keuangan global kami …

Adalah kewajiban kita sebagai pembuat kebijakan untuk memahami Proyek Libra. Kita perlu melampaui rumor dan spekulasi dan menyediakan forum untuk menilai proyek ini dan dampak potensial yang akan terjadi terhadap sistem keuangan global “, kata McHenry dalam suratnya, yang dikutip oleh Reuters.

Waters, yang tidak terlalu dikenal karena kecerdasan finansialnya yang hebat, merespon dengan cepat dengan menuntut agar Facebook harus menghentikan pengembangan cryptocurrency yang diumumkannya sampai Kongres dan regulator melakukan peninjauan terhadap proyek Libra.

Reuters juga melaporkan bahwa Waters mengatakan eksekutif Facebook harus memberikan kesaksian di depan Kongres tentang produk tersebut, ia juga mengatakan bahwa perusahaan itu “berulang kali menunjukkan tingkah pengabaian terhadap perlindungan dan penggunaan data ini dengan cermat.”

“Mengingat masa lalu bahwa perusahaan tersebut juga mengalami masalah, saya meminta agar Facebook menyetujui moratorium pada setiap gerakan maju dalam mengembangkan mata uang kripto sampai Kongres dan regulator memiliki kesempatan untuk memeriksa masalah ini dan mengambil tindakan,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Waters dan McHenry tidak sendirian disini, pengumuman Facebook juga disambut dengan reaksi langsung dari para regulator di seluruh dunia …

“Facebook sudah terlalu besar dan terlalu kuat, dan telah menggunakan kekuatan itu untuk mengeksploitasi data pengguna tanpa melindungi privasi mereka. Kami tidak dapat membiarkan Facebook menjalankan cryptocurrency baru yang berisiko keluar dari rekening bank Swiss tanpa pengawasan,” kata Senator Sherrod Brown, Demokrat teratas di
Senate Banking Committee, melalui pernyataannya.

Senator AS Mark Warner, seorang Demokrat Virginia yang juga duduk di
Senate Banking Committee, menyatakan keprihatinannya bahwa melalui Libra, Facebook menggunakan skalanya dalam jejaring sosial untuk mencapai dominasi di pasar yang berdekatan seperti pembayaran mobile.

Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire juga berkomentar mengenai regulasi perusahaan teknologi.

Instrumen untuk transaksi ini akan memungkinkan Facebook untuk mengumpulkan jutaan data, yang memperkuat keyakinan saya bahwa harus ada kebutuhan untuk mengatur raksasa digital seperti ini,” katanya dalam sebuah wawancara di radio Europe 1.

Reuters melaporkan bahwa Facebook telah terlibat dengan regulator di Amerika Serikat dan luar negeri tentang cryptocurrency yang direncanakannya itu, kata eksekutif perusahaan. Mereka tidak akan menentukan regulator mana. Satu-satunya downside adalah bahwa terburu-buru untuk melakukan intervensi hal ini yang akan mendorong tindakan yang lebih luas pada dunia crypto sekali lagi, sama seperti Bitcoin mendapatkan kembali momentumnya.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami