NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
EX Ketua PBoC: China Harus Mempersiapkan Yuan Digital

Berita

EX Ketua PBoC: China Harus Mempersiapkan Yuan Digital

Dihadapkan dengan kemungkinan dan ancaman yang ditimbulkan oleh proyek cryptocurrency Libra milik Facebook, bank sentral China harus memikirkan kembali rencananya untuk mata uang digital nasionalnya, menurut EX Kepala PBoC sebelumnya.

Dilansir dari South China Morning Post, ex gubernur Bank Rakyat China (PBoC) Zhou Xiaochuan mengatakan pada sebuah acara di Beijing minggu ini bahwa, dengan yang ditawarkan oleh Libra, Facebook telah menunjukkan bahwa ada potensi besar bagi cryptocurrency untuk menjadi global “kuat” yang dapat ditukar dengan mata uang fiat.

Libra dapat membantu negara-negara berkembang meningkatkan sistem pembayaran mereka, Zhou mengatakan, Libra juga akan menjadi ancaman bagi sistem pembayaran lintas batas yang ada dan dapat melemahkan mata uang nasional.

Zhou berkata:

“Libra telah memperkenalkan konsep yang akan berdampak pada bisnis lintas batas tradisional dan sistem pembayaran.”

Dalam menghadapi risiko baru ini, walaupun bukan ancaman besar bagi China, pemerintah tetap harus “membuat persiapan yang baik dan membuat mata uang yuan Tiongkok menjadi lebih kuat lagi,” jelas Zhou.

Satu-satunya cara yang manjur adalah dengan menggunakan “entitas komersial” yang tidak ditentukan untuk mengeluarkan yuan digital, seperti Hong Kong yang mengizinkan penggunaan dolar.

Sistem di Hong Kong memungkinkan beberapa bank untuk mengeluarkan uang kertas HKD yang didukung oleh cadangan dolar AS, sementara bank sentral de facto, Otoritas Moneter Hong Kong, berupaya mempertahankan patokan terhadap USD.

Berbicara dengan seorang analis senior di Orient Securities, Chen Dafei, yang mengatakan bahwa dia menafsirkan komentar tersebut sebagai makna bahwa perusahaan teknologi besar seperti Alibaba dan Tencent – yang telah membangun jaringan pembayaran yang cukup besar – berpotensi dapat mengambil bagian dalam penerbitan mata uang digital nasional tersebut.

Zhou mendukung pekerjaan pengembangan mata uang digital Cina, dan mengatakan bahwa peluncurannya “tidak dapat dihindari lagi.”

Gambar dari centralbanking

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami