Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$37,026.00
2.85%
Ethereum (ETH)
$1,313.54
6.00%
XRP (XRP)
$0.288600
3.61%
EOS (EOS)
$2.84
2.07%
Bitcoin Gold (BTG)
$12.63
-0.67%
Ethereum 2.0 sudah live lho: Genesis block beacon chain siap...

Berita Ethereum

Ethereum 2.0 sudah live lho: Genesis block beacon chain siap melakukan tugasnya

Transisi atau beralihnya Ethereum ke proof-of-stake sedikit demi sedikit terlaksana dengan sangat lancar, dengan langkah pertama rilisnya Ethereum 2.0.

Setelah bertahun-tahun dalam masa pembuatan, blok genesis dari beacon chain Ethereum 2.0 akhirnya rampung.

Peningkatan skalabilitas dan keamanan yang berulang kali tertunda pada Ethereum, akhirnya rampung juga seperti yang telah direncanakan sebelumnya, tepat setelah pukul 12 siang UTC pada 1 Desember 2020. Peluncuran ETH 2.0 tidak mengalami gangguan sedikitpun dan segera mencapai tingkat partisipasi stake/saham yang diperlukan untuk menyelesaikan blockchain.

Perubahan terbesar adalah pengenalan konsensus proof-of-stake ke jaringan, yang sebelumnya murni didasarkan pada konsensus proof-of-work yang sama dengan Bitcoin.

PoS bertujuan untuk menyediakan metode yang lebih hemat energi untuk mengamankan jaringan dengan meminta validator mengunci Ether (ETH) ke dalam kontrak staking, tenimbang menyelesaikan teka-teki kriptografi menggunakan daya komputasi yang biasa dilakukan PoW (metode yang dilakukan Bitcoin).

Transisi ke PoS ini akan membuka jalan bagi beberapa penerapan upgrade lainnya yang direncanakan di masa mendatang, seperti sharding untuk meningkatkan skalabilitas jaringan.

ETH yang distaking saat ini akan dikunci hingga Fase 1.5 dari peluncuran Ethereum 2.0, yang saat ini direncanakan untuk akhir 2021 atau awal 2022. Hal ini akan membuat mainnet Ethereum saat ini bergabung/merge dengan beacon chain serta sistem sharding.

Peluncuran ETH 2.0 sangat digadang-gadang oleh seluruh penggemar crypto sepanjang tahun 2020 ini, hal ini telah tercermin lewat harga Ether, yang mulanya hanya berkisar $ 130 di awal tahun namun saat ini mampu naik tinggi lebih dari $ 600.

Peluncuran ini akan disambut secara khusus oleh mereka yang berada di komunitas keuangan terdesentralisasi atau decentralized finance. Ledakan DeFi selama tahun 2020 menyebabkan peningkatan besar dalam lalu lintas dan biaya gas di jaringan Ethereum.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami