NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Dompet Kripto Bitcoin: Jenis Dan Keamanan Yang Perlu Kita Ke...

Bitcoin, Wikipedia Crypto

Dompet Kripto Bitcoin: Jenis Dan Keamanan Yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Memakainya!

Mengapa Dompet Kripto Bitcoin Dianggap Sangat Penting Dan Harus Kita Miliki?

Bitcoin atau mata uang Kripto biasa dikenal dengan sebutan mata uang digital. Berbeda dengan mata uang fiat tradisional yang biasa kita jumpai seperti rupiah, pendekatan untuk mata uang digital ini benar-benar berbeda, terutama dalam hal mendapatkan serta menyimpannya. Karena Bitcoin atau mata uang digital ini tidak berbentuk fisik, Bitcoin tidak dapat disimpan secara teknis di mana pun itu. Kita dapat menyimpan mata uang kripto atau Bitcoin dengan kunci pribadi (private key) yang digunakan untuk mengakses alamat Bitcoin publik (public key) Anda dan menerima transaksi yang perlu disimpan dengan aman disana. Kombinasi kunci publik penerima dan kunci pribadi Agan yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan transaksi Bitcoin.

Ada beberapa jenis dompet Bitcoin yang berbeda, melayani kebutuhan yang berbeda dalam hal keselamatan dan keamanan, kenyamanan, aksesibilitas, dan lain sebagainya.

Jenis – Jenis Dompet Kripto Bitcoin

Dompet Kertas Atau Paper Wallet

Dompet kertas pada dasarnya adalah sebuah kertas dokumen yang berisi alamat publik yang dapat digunakan untuk menerima Bitcoin dan kunci pribadi yang bisa digunakan untuk menghabiskan atau mentransfer Bitcoin yang disimpan di alamat tersebut. Dompet kertas sering kali dicetak dalam bentuk kode-QR sehingga Agan dapat dengan cepat memindai kunci ke dompet perangkat lunak untuk melakukan transaksi. Dompet kertas dapat dibuat menggunakan layanan seperti BitAddress atau Bitcoinpaperwallet, disini para pengguna dapat membuat alamat Bitcoin dan kunci pribadi yang benar-benar acak yang nantinya akan menjadi dompet kertas Anda. Dokumen yang dihasilkan kemudian dapat dicetak atau di print, beberapa layanan dompet kertas juga menawarkan desain tamper-resistant bahkan hingga opsi pemesanan label holografik, dan siap untuk digunakan.

Keuntungan utama dompet kertas adalah kunci pribadi atau private key tidak disimpan secara digital, yang membuatnya benar-benar kebal terhadap serangan peretas, malware dan pada dasarnya segala bentuk pencurian digital. Namun, beberapa tindakan pencegahan saat membuat dompet masih perlu dilakukan. Sebelum membuat dompet kertas Anda perlu memastikan bahwa tidak ada yang melihat Anda melakukannya. Untuk mengesampingkan risiko spyware yang memantau aktivitas Anda, disarankan untuk menggunakan sistem operasi yang bersih, seperti Ubuntu, yang dijalankan dari USB flash drive atau DVD. Selanjutnya, setelah dompet kertas ter set-up, kode situs web harus bisa dijalankan secara offline, Anda harus memutuskan sambungan Internet sebelum membuat kunci pulik maupun private. Terakhir, gunakan printer yang tidak terhubung ke jaringan.

Langkah terakhir, penting untuk dipahami bahwa Agan akan mencetak informasi pribadi yang berharga di selembar kertas tersebut. Jadi, Agan perlu mengambil langkah-langkah tertentu untuk melindungi selembar kertas tersebut. Misalnya, simpanlah dompet kertas tersebut di dalam kantong plastik yang tertutup rapat untuk melindunginya dari air, lembab, dan segala bentuk yang dapat merusak kertas tersebut termasuk hindarkan dari korek api :). Beberapa orang lebih suka menyimpan dompet kertas tersebut di dalam brankas atau di dalam kotak deposit.

Bitcoin Fisik

Bitcoin fisik biasanya sudah dimuat sebelumnya dengan sejumlah tetap BTC, dan tujuannya adalah nilainya yang tidak dapat dibelanjakan selama private key masih tetap tersembunyi. Hal ini biasanya ditandai melalui segel yang terbukti tidak rusak yang artinya nilai atau sejumlah Bitcoin yang terdapat di Bitcoin fisik belum di ambil.

Yang pertama dari jenisnya, Bitbill yang berbentuk seperti kartu kredit. Lalu Mike Cadwell, seorang penggemar cryptocurrency yang dijuluki ‘Casascius’ menciptakan Bitcoin fisik Casascius pertama yang sangat populer pada tahun 2011. Kunci privat atau private key disembunyikan di bawah hologram yang dapat dikupas kapan saja kita perlu, ketika dikupas akan meninggalkan pola yang jelas. Saat Bitcoin yang ada di koin fisik tersebut di redeem atau di ambil, maka koin fisik tersebut akan kehilangan nilai digitalnya. Selanjutnya, ada beberapa produsen koin baru muncul sampai sekarang yang tidak bisa Ane sebuti satu -satu.

Bitcoin Fisik salah satu cara yang sangat nyaman untuk menyimpan dana Anda serta dapat digunakan untuk berdagang offline. Selain itu, Bitcoin fisik ini bisa menjadi sebuah koleksi karena dikabarkan hanya ada beberapa koin fisik saja yang beredar di seluruh dunia. Namun pada bulan November 2013, Mike Cadwell diminta untuk berhenti beroperasi oleh Jaringan Penegakan Kejahatan Keuangan, karena karyanya dianggap sebagai alat pengirim uang. Peraturan untuk kegiatan ini harus dipatuhi, jadi dia terpaksa menghentikan operasi penjualan barang-barang yang mengandung Bitcoin atau mata uang digital. Karena BTC masih merupakan area abu-abu di banyak negara, barang-barang semacam itu bahkan dapat dianggap sebagai uang palsu oleh pihak berwenang dan berpotensi pidana.

Dompet Seluler, Mobile Atau Phone

Bagi mereka yang aktif dalam menggunakan Bitcoin setiap harinya, berbelanja, trading atau memperdagangkannya secara langsung, dompet BTC mobile adalah alat yang sangat penting. Dompet ini berjalan sebagai sebuah aplikasi pada smartphone Anda, dapat menyimpan private key Anda dan memudahkan Anda dalam membayar barang belanjaan Anda secara langsung dari ponsel Anda tersebut.

Setiap full Bitcoin client akan membutuhkan akses ke seluruh ledger Blockchain yang terus tumbuh dan membutuhkan beberapa gigabyte penyimpanan. Karenanya, dompet ponsel ini mengambil keuntungan dari teknologi simplified payment verification (SPV). SPV ini hanya bekerja dengan himpunan bagian yang sangat kecil dari Blockchain, mengandalkan node tepercaya di jaringan Bitcoin untuk memastikan bahwa mereka memiliki informasi yang benar.

Meskipun menjadi solusi praktis yang mudah digunakan untuk penyimpanan Bitcoin, dompet ponsel sangat rentan terhadap serangan hacker. Selain itu, Anda dapat kehilangan kendali atas dompet Anda jika seseorang mendapatkan akses ke perangkat seluler Anda. Ada berbagai macam aplikasi dompet Bitcoin untuk perangkat yang berjalan di Android dan Apple Store.

Beberapa Jenis Dompet Seluler

Mycelium
Blockchain Wallet
Atomic Wallet

Web Wallet Atau Dompet Website

Dompet website menyimpan kunci pribadi atau private key Anda di server perusahaan yang menyediakan layanan tersebut. Server ini akan selalu online dan dikendalikan oleh orang lain. Layanan atau situs website yang berbeda akan menawarkan fitur yang berbeda pula, dengan beberapa di antaranya dapat terhubung ke dompet seluler dan desktop.

Sama seperti dompet ponsel, dompet elektronik ini dapat mempermudah penggunanya dalam mengakses dana mereka saat bepergian lewat perangkat apa pun asal terhubung ke Internet. Jika organisasi yang menjalankan situs website tersebut nakal, mungkin mereka bisa mengakses kunci pribadi/private key Anda, sehingga bisa mendapatkan kontrol total dana Anda yang tersimpan disana. Selain itu, ada beberapa e-wallet yang beroperasi pada sebuah bursa, dan jika bursa mengalami fraud atau bangkrut bahkan yang terparah scam maka hilang sudah dana kita dan dana-dana uang digital yang tersimpan di sana.

Jenis Dompet Website

Coinbase
Circle
Blockchain
Xapo

Dompet Dekstop

Dompet desktop dapat diunduh dan diinstal di komputer Anda, Anda dapat menyimpan kunci pribadi atau private key Anda di hard drive Anda sendiri. Menurut definisi, wallet dekstop ini lebih aman daripada dompet online dan seluler, karena wallet jenis ini tidak bergantung pada pihak ketiga untuk menyimpan data mereka dan lebih sulit untuk dicuri. Mereka masih terhubung ke Internet, yang secara inheren membuat mereka merasa tidak aman. Namun percayalah, dompet desktop adalah solusi hebat bagi mereka yang memperdagangkan Bitcoin dalam jumlah kecil dari komputer mereka.

Ada berbagai pilihan dompet desktop dengan kebutuhan yang berbeda pula. Beberapa dompet akan berfokus pada keamanan, beberapa lagi akan berfokus pada anonimitas dan lain sebagainya.

Beberapa Jenis Dompet Dekstop

Bitcoin Core
Exodus
Electrum
Armory
Copay
Atomic Wallet

Dompet Hardware

Dompet hardware adalah jenis dompet Bitcoin yang agak unik yang dapat menyimpan kunci pribadi pengguna di hardware itu sendiri secara aman. Dompet hardware ini adalah cara paling aman untuk menyimpan Bitcoin dalam jumlah besar maupun kecil, belum ada insiden yang terjadi mengenai uang yang hilang atau dicuri dari dompet hardware ini. Tidak seperti dompet kertas, yang harus diimpor ke perangkat lunak terlebih dahulu sebelum menggunakannya, dompet hardware ini dapat digunakan secara aman dan interaktif. Selain itu, mereka kebal terhadap virus komputer, dana yang disimpan tidak dapat ditransfer keluar dari perangkat dalam plaintext dan dalam kebanyakan kasus perangkat lunak mereka bersifat open source.

Beberapa dompet hardware bahkan memiliki layar dan ada yang seperti smartphone, yang menambah lapisan keamanan, karena dapat digunakan untuk memverifikasi dan menampilkan detail dompet terpenting. Misalnya, layar itu dapat digunakan untuk menghasilkan frasa recovery/pemulihan dan untuk mengonfirmasi jumlah serta alamat pembayaran yang ingin Anda lakukan. Selama Anda menggunakan perangkat otentik yang dibuat oleh produsen yang dapat dipercaya dan kompeten dengan reputasi yang baik, mata uang digital Anda akan aman.

Beberapa Jenis Dompet Hardware

Ledger Nano S
TREZOR
KeepKey

Dompet Dan Keamanan Bitcoin

Masalah Yang Mungkin Timbul

  • Terkena malware. Perangkat lunak berbahaya yang satu ini malware, dapat memindai disk Anda dan menemukan kunci pribadi atau private key Anda. Beberapa detik kemudian, semua Bitcoin Anda bisa hilang di curi karena malware ini.
  • Sebuah trojan dapat mengenkripsi semua file di hard drive Anda. Setelah itu, trojan tersebut bisa saja menemukan semua tautan ke dompet Anda, mengetahui berapa banyak uang yang Anda miliki dan meminta uang tebusan dalam bentuk Bitcoin untuk mendekripsi hard drive Anda.
  • Bursa pertukaran yang nakal dan yang sudah memiliki reputasi sekalipun dapat melarikan diri, bangkrut bahkan scam dengan membawa semua uang Anda. Maka berhati-hatilah!!
  • Anda dapat kehilangan laptop maupun ponsel Anda dimana dompet kripto Anda terpasang di disana.

Saran

  • Hindari penggunaan segala jenis dompet yang memerlukan koneksi Internet; gunakan opsi cold storage.
  • Selalu berhati-hati dan periksa semuanya. Misalnya, Anda menerima email yang terlihat mirip seperti dari BlockWallet, tetapi sebenarnya email itu palsu, atau email upaya phising yang bertujuan untuk mencuri dana Anda. Jika Anda melakukan kesalahan tanpa membaca secara seksama dan mengijinkan akses tentang itu, maka Bitcoin Anda akan segera hilang.
  • Selalu lakukan double cek, atau pengecekan ulang sebelum mengkonfirmasi sebuah transaksi.

Gambar dari atozmarkets.com

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami