NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Dominasi Bitcoin Melambung Hingga Mencapai 55% Lebih Setelah...

Analisis

Dominasi Bitcoin Melambung Hingga Mencapai 55% Lebih Setelah Terjadi Kenaikan Harga

Harga bitcoin pada hari Jumat ini mampu melonjak hingga 7,48 persen untuk membuat level tertinggi baru pada harga $ 5.864. Tren naik ini menarik altcoin dari skenario konflik bias mereka.

Ethereum, misalnya, mencetak kenaikan sebesar 4,5 persen terhadap dolar dalam 24 jam terakhir. Demikian pula, XRP, EOS, Bitcoin Cash, Litecoin, dan lainnya juga cenderung mengalami tren naik ke wilayah positif setelah seminggu mengalami aksi sideway.

Selama 24 jam terakhir, Ethereum turun sebanyak 1,85 persen dari nilainya terhadap BTC. Demikian pula, XRP Ripple juga anjlok sebesar 3,76 persen, Stellar 5,23 persen, dan Cardano dan Tron turun hampir sebanyak 3,5 persen masing-masing terhadap bitcoin. Hanya Dash dan Binance Coin yang berhasil mempertahankan keuntungan mereka.

Langkah ini membantu bitcoin memperkuat dominasinya di pasar cryptocurrency. Terhadap kontrol 33,41 persen yang dicatat pada 8 Januari tahun lalu, pasar bitcoin hari ini membawa lebih dari 55 persen dari total pasar cryptocurrency. Statistik menunjukkan bahwa lebih banyak pedagang yang masuk ke market bitcoin selama sesi bullish sementara ini.

Analis Cryptocurrency Josh Rager mengatakan menjelang reli yang sedang berlangsung bahwa BTC telah menutup harga di atas level resistensi krusialnya sementara altcoin malah melakukan pulling back. Analis tersebut berteori bahwa bitcoin memiliki peluang yang lebih baik untuk memperpanjang tren kenaikan dibandingkan Ethereum, Litecoin, dan EOS.

“BTC terlihat lebih kuat & menutup harga di atas level resistansi sementara altcoin lainnya mencapai level resistan & turun kembali,” kata Rager. “[Saya] ingin sekali long/buy saat pullback BTC di zona $ 4,339-4,769. Bitcoin memiliki ruang untuk terus mendorong harga naik lebih dari $ 6.383 pada Grafik 1M sehingga tidak ada kata untuk pullback/mundur/turun pada saat ini.”

Beberapa altcoin melakukan aksi penutupan harga di atas area resistensi masing-masing selama sesi perdagangan hari ini. Harga litecoin, misalnya, sekarang berada di atas $ 74,80. Pada saat yang sama, Ethereum dan EOS masih menunggu untuk bisa menembus level resistensi mereka.

Sementara itu, bitcoin, yang resistensi krusial terakhirnya berada di kisaran $ 4.769 tertembus, kini telah mengkonfirmasi aksi bullish, dengan target naik berikutnya pada $ 6.000.

Potensi Pullback BTC

Grafik dari Tredingview.com

Aksi bull terbaru membawa harga bitcoin mendekati harga $ 5.809. Level ini pada Juni 2018 berfungsi sebagai support kuat untuk sentimen tren penurunan harga bitcoin. Grafik di atas menunjukkan dua kesempatan di mana level $ 5.809 membatasi harga dari memperpanjang pergerakan bearishnya. Level ini terus memberikan dukungan atmosfer pada setiap upaya penurunan bitcoin.

Bahkan sampai saat ini, harga bitcoin juga sedang diuji pada level $ 5.809 sebelum turun kembali. Ada kemungkinan BTC mencapai harga $ 6.000 jika BTC mampu menembus $ 5.809 – aksi pembelian disertai dengan peningkatan volume juga sangat berpengaruh. Hal ini dapat meningkatkan dominasi BTC di pasar mata uang digital.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami