NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Direktur Utama BCA: BCA Bakal Adopsi Teknologi Blockchain

Berita, Berita Blockchain

Direktur Utama BCA: BCA Bakal Adopsi Teknologi Blockchain

Saat ini PT Bank Central Asia Tbk (BCA) tengah bersiap untuk mengadopsi teknologi blockchain ke dalam layanan perbankan. Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, dengan BCA yang mengadopsi/menggunakan teknologi blockchain harapannya biaya operasional perseroan dalam melayani nasabah bisa lebih efektif. Tentunya BCA akan tetap menaati berbagai aturan yang telah ditetapkan regulator.

“Blockchain ini mungkin tidak akan lama lagi bisa diterapkan di Tanah Air. Tetapi kita akan selalu menunggu arahan dari regulator,” kata Jahja Setiaatmadja.

Namun, dirinya belum bisa mengungkapkan kapan tepatnya teknologi blockchain ini benar-benar bisa diterapkan di BCA.

Jahja mengatakan, adaptasi teknologi blockchain perlu dilakukan seiring dengan tren layanan digital perbankan yang terus mengalami pertumbuhan seiring waktu. Hal ini tercermin dari tren transaksi di cabang-cabang BCA yang terus mengalami penurunan. Berdasarkan catatanya, saat ini orang-orang cenderung melakukan transaksi melalui layanan digital.

“Jadi dicabang makin menurun, dulu 17 persen di semua cabang BCA kami mempunyai ATM 17 persen sekarang tinggal 1,8 persen. Untuk saat ini sekitar 75 persen nasabah malah beralih menggunakan layanan m-banking dan internet banking.”

Untuk menjaring ide-ide terkait dengan pengembangan teknologi terutama di bidang blockchain, BCA giat untuk menggelar beberapa acara seperti BCA Finhacks. Dalam acara ini, BCA ingin mendapat insight tentang pengembangan teknologi blockchain guna pengelolaan identitas, inklusi keuangan, serta transaksi interbank dan remitensi.

Acara itu melibatkan sejumlah startup dan masyarakat Indonesia, khususnya para penggiat bisnis perbankan.

Jahja menyampaikan penggunaan blockchain dapat membuat beban operasional perseroan turun. Pasalnya, penyimpanan data nantinya dilakukan secara desentralisasi.

“Pada awal penerapan pasti akan banyak belanja modal yang keluar. Tetapi setelahnya, beban operasional akan turun secara berkala,” ucapnya.

(Kompas.com)

Gambar sampul Jahja Setiaatmadja (Foto: PAN)

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami