You have not selected any currencies to display
Dalam Satu Bulan Ethereum Lakukan Hard Fork Sebanyak Dua Kal...

Berita, Berita Ethereum

Dalam Satu Bulan Ethereum Lakukan Hard Fork Sebanyak Dua Kali: Apa Lebihnya?

Ethereum telah lakukan hard fork keduanya dalam waktu kurang dari 30 hari.

Dengan mining block yang ke 9.200.000, akhirnya upgrade Muir Glacier telah diterapkan pada jaringan Ethereum. Block itu pertama kali ditambang pada 2 Januari 2020 pukul 15:30 WIB.

Pada waktu pers, 99.7 persen klien ethereum sudah sinkron dengan upgrade jaringan terbarunya, menurut Ethernodes.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Kabarnya Bitmain Raksasa Miner Bakal Pecat 50 Persen Karyawannya Di Tahun 2020

Upgrade ini pertama kali diusulkan oleh EthHub’s Eric Conner pada bulan November tahun lalu sebagai Ethereum Improvement Proposal (EIP) 2384, Muir Glacier bertujuan untuk menunda “difficulty bomb” sebanyak empat juta blok. Dengan penundaan itu, bom kesulitan atau difficulty bomb diharapkan untuk tidak “meledak” lagi selama beberapa tahun mendatang, setidaknya sampai penyebaran fitur Eth key 2.0 seperti gadget finalitas.

Desain yang disengaja dari ethereum saat diluncurkan pada tahun 2015 silam, difficulty bomb ini secara perlahan meningkatkan penyelesaian block waktu (block time settlement) untuk mendorong jaringan menuju proof-of-stake (PoS).

Jika Muir Glacier tidak diterapkan, biaya transaksi pada jaringan ethereum saat ini akan meroket karena waktu penyelesaian blok diproyeksikan dapat mencapai 20-30 detik per blok. Karena lebih sedikit blok yang dicetak setiap harinya, biaya pemasangan transaksi ke blok akan meningkat, kata Conner.

“Misal kita memiliki block time sebanyak 13 detik (itu berarti kita bisa melakukan sekitar 6.500 blok dalam sehari),” jelas Conner. “Begitu kita mencapai block time 20 detik, kita hanya bisa melakukan 4.300 block dalam sehari. Jika kita berasumsi jaringan secara umum sepenuhnya digunakan, tentunya akan memiliki banyak pertempuran untuk merebutkan ruang blok setiap harinya. Hal ini tentunya akan meningkatkan biaya atau fee market dan membuat transaksi mahal untuk pengguna dapp.”

Transisi Ethereum ke PoS merupakan upaya yang lambat. Garis waktu optimis menempatkan Eth 2.0 adalah tahun 2021 di bawah upgrade Serenity. Muir Glacier, masih seperti fork ethereum tahun 2019 Istanbul, Constantinople, dan St. Petersburg, berada di bawah deskriptor Eth 1.x, yang bisa dipahami sebagai langkah tambahan menuju perombakan jaringan Eth 2.0.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Waduh! Ekstensi Ethereum Wallet Dari Browser Chrome Ternyata Menyuntikkan JavaScript Berbahaya Dan Berpotensi Mencuri Data

Gambar sampul dari Shutterstock

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami